6 Cara Mengatasi Tembok yang Lembab dan Berjamur

Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

22 Januari 2024
Ananda Putri | 22 Januari 2024
6 Cara Mengatasi Tembok yang Lembab dan Berjamur
Mengatasi Tembok yang Lembab dan Berjamur
Tembok Lembab dan Berjamur
Tips mengatasi tembok lembab

Tembok yang lembab dan berjamur merupakan permasalahan yang sering kita temui pada saat musim hujan seperti sekarang ini. Tembok yang lembab dan berjamur disebabkan oleh ventilasi yang buruk, minimnya cahaya matahari yang masuk, cuaca yang ekstrem, kebocoran pipa serta drainase yang buruk. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi tembok yang lembab dan berjamur.

Lihat Juga : Tips Memilih Tukang Harian atau Borongan
  1. Mencari Sumber Masalah

    Mengatasi masalah lembab dan jamur dibedakan darimana sumber masalah itu berasal. Jika lembab disebabkan oleh kondensasi (embun), hal yang dapat dilakukan adalah memastikan sirkulasi udara berjalan baik. Jika penyebab lembab adalah rembesan dari bawah, hal ini karena sistem drainase yang kurang baik. Terakhir, jika kelembaban dan jamur disebabkan oleh kebocoran maka hal yang dapat dilakukan adalah mengganti pipa yang rusak dan mengecat ulang tembok yang lembab atau berjamur.

  2. Memastikan Sinar Matahari Masuk dengan Cukup

    Hal ini terkadang dianggap sepele tetapi dengan sinar matahari yang cukup dapat mengurangi resiko kelembaban pada ruangan atau rumah. Kita perlu memastikan apakah ruangan kita sudah cukup mendapat sinar matahari yang masuk, dengan sering membuka jendela dapat meningkatkan kesempatan kita untuk mendapat sinar matahari yang cukup.

  3. Meningkatkan Kualitas Sirkulasi Udara

    Selain sering membuka jendela, memastikan kondisi ventilasi kita juga dapat meningkatkan kualitas sirkulasi udara kita. Pasang ventilasi yang cukup pada ruangan yang cenderung mudah lembab seperti dapur, ruang cuci dan kamar mandi.

  4. Pengecatan Ulang pada Tembok yang Lembab

    Jika tembok kita sudah lembab dan berjamur, kita perlu melakukan pengecatan ulang pada tembok dengan menggunakan cat pelapis tahan air sehingga tembok kita tidak mengalami lembab atau berjamur. Beberapa produk anti bocor dan jamur dapat kalian temukan di GoCement : Jual Beli Bahan Bangunan Online Berkualitas Harga Murah

  5. Memasang Alat yang Dapat Mengurangi Kelembaban

    Beberapa alat yang dapat kalian gunakan untuk mengurangi kelembaban yaitu Dehumidifier dan Exhaust Fan. Dehumidifier adalah alat yang dapat menyerap dan mengurangi kelembaban pada ruangan, dengan adanya alat ini ruangan dapat terjaga kelembabannya dan kualitas udara lebih baik. Hampir sama fungsinya dengan Dehumidifier, Exhaust Fan merupakan alat yang dapat digunakan untuk menjaga kualitas udara. Sistem kerja Exhaust Fan adalah membantu mengeluarkan udara kotor untuk menjaga sirkulasi udara kita. Penggunaan antara Dehumidifier dan Exhaust Fan dapat disesuaikan dengan kebutuhan kita saat ini.

  6. Menggunakan Cairan Anti Jamur

    Jika tembok kalian sudah berjamur hal lain yang dapat kalian lakukan adalah dengan memberikan cairan anti jamur pada tembok. Kalian dapat bersihkan dan keringkan terlebih dahulu tembok. Selanjutnya, semprot tembok tersebut menggunakan cairan anti jamur.



Artikel lain yang dapat Anda baca
Untung Besar! Promo Bahan Bangunan di Surabaya 12.12 - Artikel GoCement
Untung Besar! Promo Bahan Bangunan di Surabaya 12.12

Nikmatipromo bahan bangunan di Surabaya spesial 12.12 hanya di GoCement!   Menyambut akhir tahun 2023, saat yang tepat untuk memulai proyek renovasi atau pembangunan. Bagi Anda yang berada di Surabaya, ada kabar baik! Promo 12.12 Kejutan Akhir Tahun dari GoCement memberikan kesempatan istimewa untuk belanja bahan bangunan dengan harga terjangkau. Dapatkan informasi lengkap di artikel Baca selengkapnya


Belanja Bahan Bangunan Online GoCement, Kirim via GoSend! - Artikel GoCement
Belanja Bahan Bangunan Online GoCement, Kirim via GoSend!

Belanja bahan bangunan online melalui GoSend, satu hari sampai khusus Surabaya! Hanya di GoCement. Sumber foto Unsplash   Belanja Bahan Bangunan Online Mudah Dari Gadget Anda Mencari bahan bangunan di sekitar lokasi proyek seringkali menjadi masalah. Toko bangunan yang jauh atau stok bahan yang tidak lengkap dapat menghambat kemajuan pembangunan.GoCement, sebagai marketplace bahan bangunan terdepan Baca selengkapnya


5 Rekomendasi Restoran untuk Ulang Tahun di Surabaya - Artikel GoCement
5 Rekomendasi Restoran untuk Ulang Tahun di Surabaya

Simak pilihan restoran untuk ulang tahun di Surabaya. Sumber foto Unsplash   Tidak ada yang lebih spesial daripada merayakan ulang tahun di restoran yang sempurna. Dalam artikel ini,GoCement akan merekomendasikan beberapa restoran di Surabaya yang cocok dan menawarkan pengalaman yang luar biasa untuk memeriahkan momen ulang tahun Anda, keluarga, pasangan dan teman-teman! Palimanan Resto and Baca selengkapnya