Daftar Harga Besi Beton Bertulang di Surabaya dan Fungsinya

Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

08 November 2023
Anggun | 08 November 2023
Daftar Harga Besi Beton Bertulang di Surabaya dan Fungsinya
Besi Beton Bertulang

Besi Beton Surabaya. 

Beton bertulang adalah salah satu bahan bangunan yang sangat umum digunakan di seluruh dunia. Pada dasarnya, beton itu sendiri lebih rapuh daripada yang mungkin Anda kira. Namun, ketika diperkuat dengan besi, beton dapat digunakan untuk pelat, dinding, balok, kolom, pondasi, rangka, dan lebih banyak lagi.

Keunggulan Beton Bertulang

Inilah material konstruksi yang terdiri dari beton yang diperkuat dengan tulangan baja. Kombinasi ini menghasilkan bahan konstruksi yang sangat umum digunakan dalam berbagai proyek konstruksi, mulai dari gedung tinggi hingga jembatan dan infrastruktur lainnya. Berikut adalah beberapa keunggulan beton bertulang:

  1. Kekuatan dan Ketahanan

    Kombinasi beton yang memiliki daya tahan kuat terhadap tekanan dan baja yang memiliki daya tarik yang baik menjadikan beton bertulang sangat kuat. Ini memungkinkan untuk membangun struktur yang mampu menahan beban berat dan tekanan yang tinggi, seperti bangunan bertingkat dan jembatan.

  2. Fleksibilitas Desain

    Beton bertulang memungkinkan desain yang fleksibel dan kompleks. Dengan menggunakan tulangan baja, struktur dapat dirancang dengan bentuk yang lebih bebas, sehingga memungkinkan arsitek dan insinyur untuk menghasilkan karya yang inovatif dan estetis.

  3. Tahan terhadap Gempa

    Memiliki ketahanan yang baik terhadap gempa bumi. Baja dalam struktur membantu menyerap dan mendistribusikan energi gempa, sedangkan beton memberikan kekakuan yang diperlukan. Hal ini membuat beton bertulang menjadi pilihan yang umum dalam daerah rawan gempa.

  4. Ketahanan terhadap Api

    Sifat tahan terhadap api yang baik, ini berarti bahwa beton bertulang memiliki performa yang lebih baik dalam situasi kebakaran dibandingkan dengan beberapa bahan konstruksi lainnya, seperti kayu.

  5. Biaya Efektif

    Meskipun awalnya biaya pembangunan menggunakan beton bertulang mungkin lebih tinggi daripada beberapa bahan alternatif, namun dalam jangka panjang, biaya pemeliharaan yang lebih rendah dan umur panjang struktur membuatnya menjadi pilihan yang lebih ekonomis.

Tahukah Anda, beton hanya kuat terhadap gaya tekan dan memiliki kekuatan tarik dan kelenturan yang rendah. Bahan penguat diperlukan untuk menahan gaya geser dan tarik pada beton.

Oleh karena itu, besi digunakan karena dapat berikatan dengan baik dengan beton dan mengembang maupun menyusut ketika terjadi perubahan suhu.

Selanjutnya, walaupun terlihat sangat kuat, sebenarnya beton hanya kuat jika tekanan diberlakukan dalam satu arah tertentu. Ketika gaya diberlakukan dalam arah lain, seperti yang sering terjadi pada kebanyakan aplikasi bangunan, beton terbukti cukup rapuh.

Ada tiga jenis tekanan mendasar:

  1. Kompresi (gaya dorong),
  2. Tarik (gaya tarikan)
  3. Geser (gaya geser)

Beton kuat terhadap gaya tekan tetapi lemah terhadap gaya tarik dan geser. Sementara, besi kuat terhadap ketiga jenis tekanan tersebut.

Sebagai contoh, struktur Romawi kuno Colosseum (Italia) dan Kuil Parthenon (Yunani) telah bertahan selama ribuan tahun menjadi bukti kekuatan beton terhadap gaya tekan.

Bahkan, sebuah silinder yang terbuat dari campuran semen dengan banyak air dapat menahan tekanan  450 kilogram. Campuran lainnya dapat menahan tekanan yang  lebih besar.

Namun demikian, beton lemah terhadap gaya tarik, artinya memiliki kekuatan tarik yang rendah. Contohnya, ketika sebuah silinder dari campuran beton diuji dengan pemberat yang digantung, silinder beton akan patah ketika dengan beban 36 kilogram. Ini artinya, beton tidak mampu menarik beban.

Kemudian, beton juga lemah terhadap gaya geser, yang menyebabkan material bergerak sepanjang garis atau bidang. Sebuah dinding beton yang didiperkuat besi akan runtuh jika mengalami gaya geser berlebihan akibat angin, gempa bumi, dan tekanan lainnya.

Fungsi Besi Digunakan pada Beton Bertulang

Seperti yang telah kita pelajari, beton tanpa besi hanya berguna dalam aplikasi yang sangat terbatas karena kuat terhadap gaya tekan, tetapi lemah terhadap gaya tarik dan geser.

Agar lebih kuat, beton perlu didukung suatu material yang mengatasi kelemahan ini. Untuk itulah, besi digunakan untuk memperkuat beton bertulang.

Alasan besi digunakan untuk memperkuat beton adalah karena besi memiliki beberapa sifat yang membuatnya sangat cocok untuk aplikasi ini.

Adapun keunggulan lain dari besi sehingga dipertimbangkan untuk digunakan meliputi:

·         Mudah Didaur Ulang

·         Murah dan Sangat Tersedia.

·         Besi Mudah Dilas

Daftar Harga Besi Beton di Surabaya Terlengkap di GoCement

Berikut adalah tabel harga dan pilihan supplier untuk Besi Beton Polos SNI 6 mm di Surabaya :

Jual Besi Beton Surabaya

Harga Besi Beton di Surabaya

Toko dan Lokasi

6 mm

Rp. 42.000

TB Asri Raya, Asemrowo

6 mm

Rp. 37.500

Mulia Jaya, Sambikerep

6 mm

Rp. 32.000

TB Jaya, Wiyung

6 mm

Rp. 32.500

Hoki Jaya, Lakarsantri 

6 mm

Rp. 26.000

TB Wonorejo, Tandes

6 mm

Rp. 33.000

Toko Barokah 2, Sambikerep

Baca juga: Distributor Toko Besi Hollow Terdekat, Lebih Murah dan Bergaransi

Alasan Mengapa Beton Bertulang Harus Didukung Besi

Salah satu pertanyaan yang mungkin Anda miliki sejauh ini adalah mengapa beton bertulang harus didukung besi? Mengingat beton lemah terhadap banyak gaya, tidakkah lebih baik hanya menggunakan besi saja?

Ada beberapa alasan untuk ini:

 

1. Memiliki sifat yang bermanfaat dalam konstruksi

Sebagai contoh, mudah dicetak dalam bentuk apa pun yang diinginkan. Ini berarti bahwa beton bisa digunakan untuk membuat komponen yang tidak mungkin (atau mahal) digunakan dalam besi.

2. Tahan terhadap kerusakan lingkungan

Kemudian, bisa diasumsikan bahwa beton lebih tahan lama daripada besi karena tidak korosif. Ini berarti bahwa struktur beton bertulang kemungkinan akan membutuhkan lebih sedikit perawatan selama masa pakainya daripada besi bertulang.

3. Bahan yang mudah ditemukan

Terakhir, alasan mengapa beton bertulang harus didukung besi adalah karena semua material beton merupakan padatan yang sangat melimpah. Campuran beton itu sendiri adalah gabungan semen (yang dibuat dari batu kapur, tanah liat, dan pasir) dan air.

Kesimpulannya, perbedaan sifat antara beton dan besi membuat mereka sangat cocok satu sama lain. Kombinasi kekuatan kompresi beton dengan kekuatan tarik dan kelenturan besi menghasilkan bahan yang kuat dan tahan lama yang dikenal sebagai beton bertulang.

Jawaban atas pertanyaan “Mengapa beton harus diperkuat dengan besi?” adalah karena besi dan beton bekerja bersama-sama untuk menghasilkan struktur yang kuat, tahan lama, dan andal.

Wujudkan Proyek Konstruksi Impian dengan Material Berkualitas dari GoCement!

Fungsi besi pada beton bertulang sangatlah penting dalam memastikan kekuatan, stabilitas, dan ketahanan bangunan. Ingin pengalaman berbelanja material konstruksi yang lebih praktis dan efisien? Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunduh aplikasi GoCement atau kunjungi website GoCement sekarang!

Di aplikasi GoCement, Anda dapat dengan mudah menjelajahi berbagai pilihan material berkualitas dan terpercaya untuk proyek konstruksi. Dapatkan akses instan ke berbagai produk dan penawaran eksklusif yang membantu keberhasilan pembangunan rumah atau proyek lainnya.

Jadikan GoCement sebagai mitra terpercaya dalam memenuhi kebutuhan material bangunan yang berkualitas. Tunggu apa lagi? Segera download aplikasi GoCement dan nikmati kemudahan berbelanja dalam genggaman Anda!

Daftar Harga Besi Beton Surabaya 2023, Klik GoCement!

Jangan ragu untuk mencari informasi lengkap seputar kebutuhan bangunan di GoCement. Didukung tim handal dan beragam pilihan produk, GoCement siap membantu Anda meraih proyek konstruksi yang sukses. Untuk informasi lebih lanjut atau pemesanan mendapatkan harga bahan bangunan kompetitif, hubungi GoCement disini!



Artikel lain yang dapat Anda baca
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain? - Artikel GoCement
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain?

Kuat tidaknya sebuah bangunan sangat bergantung kepada pondasi di bawahnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pondasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap kualitas bangunan. Pondasi adalah struktur bangunan paling dasar yang memiliki fungsi untuk menyalurkan beban dari struktur di atasnya kepada lapisan tanah pendukung. Pembangunan pondasi sangat krusial dalam sebuah projek pembangunan rumah. Jika Baca selengkapnya


Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik ! - Artikel GoCement
Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik !

Plafon adalah bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah rumah. Dari plafon rumah unik hingga plafon rumah minimalis, banyak sekali desain plafon yang kamu bisa pilih untuk hunianmu. Secara umum, plafon lebih dikenal dengan istilah langit – langit. Dalam dunia kontraktor, plafon adalah permukaan interior atas yang terhubung langsung dengan bagian atas sebuah ruangan. Baca selengkapnya


Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini ! - Artikel GoCement
Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini !

Instalasi listrik adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah rumah. Jika kamu sedang merencanakan membangun rumah atau melihat – lihat rumah untuk dibeli, rangkaian instalasi listrik harus dipahami secara mendalam. Instalasi listrik rumah merupakan sebuah sistem listrik yang semuanya terhubung. Semua sumber listrik rumah dan bangunan di Indonesia dikelola oleh PLN. Meski begitu, PLN Baca selengkapnya