Simple! Ini Cara Menghilangkan Bekas Semen di Keramik

Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

21 Agustus 2023
Anggun | 21 Agustus 2023
Simple! Ini Cara Menghilangkan Bekas Semen di Keramik
cara menghilangkan bekas semen di keramik
perekat keramik

Cara menghilangkan bekas semen di keramik. Sumber foto Unsplash

 

Membersihkan semen yang tertumpah di atas keramik setelah proses renovasi atau pembangunan bisa menjadi tugas yang cukup sulit. Tidak hanya merusak estetika dengan kesan kotor yang ditinggalkannya, semen yang tumpah di atas permukaan keramik juga dapat mengurangi keindahan keramik. Pada dasarnya, noda semen yang masih segar bisa dihilangkan dengan relatif mudah apabila ditangani saat masih dalam keadaan basah. Namun, ketika noda semen telah mengering, upaya untuk menghapusnya akan menjadi lebih sulit

 

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena dengan metode yang tepat apabila Anda bisa mendapatkan hasil yang baik saat mengaplikasikan cara menghilangkan bekas semen di keramik. 

 

Penyebab Bekas Semen di Keramik Susah Dibersihkan

Mungkin Anda bertanya-tanya kenapa noda semen di keramik saat renovasi rumah menjadi sulit dibersihkan? Rupanya hal ini karena reaksi kimia antara semen dan uap air di udara yang menyebabkan semen menjadi keras. Bahkan, proses pengerasan ini akan berlangsung cepat pada kondisi udara yang cukup lembab.

 

Baca Juga : Memilih Jenis Semen Harga Tepat untuk Kebutuhan Konstruksi

 

Noda yang mengeras ini akan sulit bersih dan dapat mengganggu penampilan permukaan keramik. Maka dari itu, jika kamu mendapati keramik di rumah terkena noda semen, segera bersihkan. Sebab, jika semen sudah terlanjur keras maka permukaan keramik perlu cara pembersihan yang intensif. 

Cara Menghilangkan Bekas Semen di Keramik

Pastikan Anda memiliki peralatan yang diperlukan, seperti sarung tangan, kacamata pelindung, sikat berbulu lembut atau spons, ember air, lap microfiber atau kain lembut, serta pembersih. Berikut ini adalah cara menghilangkan bekas semen di keramik yang telah dirangkum oleh tim GoCement

Cara Menghilangkan Bekas Semen di Keramik 1 : Siram Cairan Air Cuka atau Perasaan Lemon

Anda dapat menggunakan cairan cuka sebagai solusi untuk menghapus bekas semen pada keramik. Caranya adalah dengan menuangkan cairan cuka langsung ke area yang terkena noda atau dengan menyemprotkan campuran cairan cuka dan air ke bagian keramik yang terkena noda semen. Setelah itu, biarkan cairan cuka tersebut meresap selama beberapa waktu sebelum Anda menggosok sisa-sisa semen dengan sikat atau lap.

 

Lihat Juga : Perekat Mortar Bata Ringan Harga Berapa? Simak Info Terbaru Biar Gak Boncos

 

Selain cairan cuka, air lemon juga bisa menjadi pilihan untuk menghilangkan bekas semen pada keramik. Air lemon memiliki tingkat keasaman yang cukup tinggi sehingga efektif dalam mengatasi noda. Caranya sederhana, cukup oleskan air lemon ke area semen yang terkena noda, kemudian biarkan beberapa saat. Setelah itu, Anda bisa membersihkan sisa semen dengan menggunakan pel atau sapu pada permukaan keramik. Penting untuk diingat bahwa saat menggunakan air lemon, Anda perlu berhati-hati karena keasaman tingginya bisa merusak keramik.

Cara Menghilangkan Bekas Semen di Keramik 2 : Gosok dengan Baking Soda

Anda dapat menggunakan baking soda sebagai alternatif untuk menghilangkan noda semen pada keramik. Terdapat dua metode pembersihan yang dapat Anda gunakan dengan baking soda. Pertama, Anda dapat menyebarkan bubuk baking soda langsung ke area noda semen dan biarkan selama beberapa waktu. Setelah itu, sikat permukaan keramik yang telah ditaburi baking soda hingga noda menghilang.

 

Alternatif kedua, rendam sepotong kain atau spons ke dalam mangkuk yang berisi baking soda. Kemudian, gosokkan spons tersebut ke area keramik yang terkena noda semen. Setelah proses pembersihan selesai, bilas area tersebut dengan air hangat hingga permukaan keramik kembali bersih. Sebelum menggunakan baking soda, pastikan untuk melakukan uji coba terlebih dahulu pada area yang tidak terlihat agar Anda dapat memastikan bahwa baking soda tidak merusak atau memudarkan keramik.

Sisa Parutan Kelapa

Salah satu bahan alami lain yang efektif untuk menghilangkan bekas semen pada keramik adalah sisa parutan kelapa. Caranya sangat sederhana, Anda hanya perlu menggosokkan sisa parutan kelapa ke area keramik yang memiliki noda semen, kemudian biarkan selama beberapa saat.

Setelah itu, sikatlah area tersebut dan bilas dengan air. Proses ini dapat membantu mengangkat noda semen secara efektif dari permukaan keramik. Sebelum melakukannya, pastikan untuk menguji bahan ini pada area yang tidak terlihat terlebih dahulu untuk memastikan bahwa penggunaan sisa parutan kelapa tidak merusak atau menggores permukaan keramik.

Batu Apung

Metode lain untuk membersihkan bekas semen pada keramik adalah dengan menggunakan batu apung. Namun, perlu diingat untuk berhati-hati dalam penggunaannya. Permukaan yang keras dari batu apung memiliki potensi merusak lantai keramik. Pastikan Anda hanya menggosok bagian yang terkena noda semen.

 

Langkah-langkah pembersihan bekas semen dengan batu apung cukup sederhana. Pertama, rendam batu apung dalam air hangat, pastikan seluruh permukaannya terendam. Ini akan membantu menghindari kerusakan pada lantai keramik. Setelah itu, gosok lembut bekas semen di permukaan keramik menggunakan batu apung yang sudah direndam. Setelah proses penggosokan selesai, bilas permukaan dengan air bersih.

Rekomendasi Perekat Keramik di Jawa Timur 2023

Nah, jika Anda sedang melakukan renovasi atau pembangunan yang memerlukan proses pemasangan keramik, berikut ini adalah rekomendasi perekat keramik di Jawa Timur terupdate 2023 yang tersedia di GoCement! Perekat keramik memiliki fungsi utama untuk melekatkan dan mengikat lantai keramik atau ubin pada permukaan yang berbeda, seperti dinding atau lantai, dengan kuat dan tahan lama.

Perekat Keramik di Jawa Timur

Harga Perekat Keramik di Jawa Timur

Distributor

Wilayah

ECO 400 Perekat Keramik 40 KG

Rp. 76.300

Toko Masjhur, Gadang

Malang

ECO 400 Perekat Keramik 40 KG

Rp. 98.700

Surya Agung, Wonoayu

Sidoarjo
Lemkra FK 101 Perekat Keramik Lantai 5 KG Abu-Abu Rp. 34.000 Sinar Kota Jaya, Genteng

Surabaya

Lemkra FK 111 Perekat Keramik Dinding 30 KG Putih

Rp. 221.850

Sinar Kota Jaya, Genteng

Surabaya

AM Tile Adhesive Perekat Keramik 25 KG Sak

Rp. 76.300 CV Murya Agung, Tegalsari Surabaya
DEMIX C1 Perekat Keramik

Harga Khusus

Surabaya

Cari Tempat Jual Perekat Keramik di Jawa Timur Harga Bersaing? Klik GoCement!

Jangan ragu untuk mencari informasi lengkap seputar kebutuhan bangunan di GoCement. Didukung tim handal dan beragam pilihan produk, GoCement siap membantu Anda meraih proyek konstruksi yang sukses. Untuk informasi lebih lanjut atau pemesanan mendapatkan harga semen kompetitif, kunjungi marketplace kami di GoCement.com (Whatsapp: https://wa.link/9yv47m).



Artikel lain yang dapat Anda baca
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain? - Artikel GoCement
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain?

Kuat tidaknya sebuah bangunan sangat bergantung kepada pondasi di bawahnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pondasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap kualitas bangunan. Pondasi adalah struktur bangunan paling dasar yang memiliki fungsi untuk menyalurkan beban dari struktur di atasnya kepada lapisan tanah pendukung. Pembangunan pondasi sangat krusial dalam sebuah projek pembangunan rumah. Jika Baca selengkapnya


Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik ! - Artikel GoCement
Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik !

Plafon adalah bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah rumah. Dari plafon rumah unik hingga plafon rumah minimalis, banyak sekali desain plafon yang kamu bisa pilih untuk hunianmu. Secara umum, plafon lebih dikenal dengan istilah langit – langit. Dalam dunia kontraktor, plafon adalah permukaan interior atas yang terhubung langsung dengan bagian atas sebuah ruangan. Baca selengkapnya


Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini ! - Artikel GoCement
Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini !

Instalasi listrik adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah rumah. Jika kamu sedang merencanakan membangun rumah atau melihat – lihat rumah untuk dibeli, rangkaian instalasi listrik harus dipahami secara mendalam. Instalasi listrik rumah merupakan sebuah sistem listrik yang semuanya terhubung. Semua sumber listrik rumah dan bangunan di Indonesia dikelola oleh PLN. Meski begitu, PLN Baca selengkapnya