Grouting Adalah Pengisian Celah Beton Retak, Pahami Caranya!

Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

20 September 2023
Anggun | 20 September 2023
Grouting Adalah Pengisian Celah Beton Retak, Pahami Caranya!
Grouting Adalah

Beton merupakan bahan konstruksi yang sering digunakan dalam proyek-proyek besar maupun kecil. Namun, meskipun beton memiliki kekuatan yang baik, keretakan dan kebocoran tetap bisa terjadi. Nah, inilah saatnya mengenal metode grouting beton!

Pengertian Grouting Beton

Grouting adalah teknik pengisian celah beton retak yang umum digunakan dalam perbaikan struktur beton yang mengalami keretakan. Teknik ini melibatkan penggunaan bahan grouting, yang dapat berupa campuran semen, air, dan bahan tambahan lainnya. Bahan grouting ini diinjeksikan ke dalam retakan atau rongga pada beton untuk meningkatkan kekuatannya dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Lihat Juga : Berapa Lama Nat Kamar Mandi Kering? Terjawab Disini

Jenis-jenis Grout

1.    Permeation Grouting

Permeation grout adalah proses mengisi retakan, rekahan, atau kerusakan pada batuan, pori atau rongga batuan tanpa merubah struktur awal bangunan. Dengan teknik permeation grouting kohesi tanah yang disementasi dapat lebih meningkatkan kekuatannya. Grouting jenis ini sangat berguna dalam memadatkan pori dan rongga tanah sehingga rongga atau pori yang ada pada konstruksi tanah menjadi padat dan tidak mudah retak atau bocor.

2.    Compaction Grouting

Compaction grout adalah proses perbaikan tanah dengan menginjeksi material grouting yang sangat kaku dengan tekanan tinggi ke dalam tanah. Jenis grouting ini dilakukan ketika daya dukung tanah rendah dan ingin ditingkatkan. Keunggulan dari compaction grouting adalah untuk menguatkan tanah agar mampu menopang beban yang lebih berat lagi karena konstruksinya lebih kuat. Namun demikian, jenis ini tidak selalu dapat mencegah terjadinya rembesan.

3.    Fracture Grouting

Fracture grouting atau sementasi rekahan merupakan teknik grout yang dilakukan pada kontur tanah yang permeabilitasnya rendah, seperti tanah lempung. Teknik ini bertujuan untuk menguatkan tanah lempung dengan memberikan penguatan kembali pada tanah yang permeabilitasnya rendah seperti tanah lempung.

4.    Mixing Jet Grouting

Mixing jet grouting adalah proses sementasi dengan mencampurkan dua perlakuan. Pertama, mengikis tanah menggunakan jet bertekanan tinggi, dan kedua, dilakukan injeksi serentak ke dalam tanah dengan jet monitor. Grouting jenis ini berguna untuk menyemen sekeliling tiang atau pondasi suatu bangunan.

5.    Fill Grouting

Fill grout adalah sebutan lain dari sementasi isi, yaitu melakukan teknik grouting dengan peralatan khusus yang diberikan campuran concrete atau mortar. Grouting jenis ini digunakan untuk menutup rekahan yang ada pada tanah atau batuan. Pekerjaan bendungan atau bangunan yang memerlukan pondasi tanah dan batuan pasti akan mengalami rekahan, oleh karena itu dilakukan teknik fill grouting untuk menutup rekahan tersebut.

6.    Vacuum Grouting

Vacuum grout adalah teknik grouting dengan cara menyedot material grouting untuk masuk ke dalam bagian yang rusak. Grouting jenis ini bermanfaat untuk menambal pondasi dengan cara menyedot material grouting ke dalam batuan yang rusak. Sehingga pondasi atau batuan yang rusak akan bagus kembali karena kerusakan tadi telah diperbaiki dengan teknik vacuum grouting.

 

Baca juga: Cara Menggunakan Sika Waterproofing, Bedanya 107 Seal dan 107 Plus

Manfaat dan Fungsi Jenis-jenis Grout

1. Manfaat dan Fungsi Permeation Grouting

Memadatkan pori dan rongga tanah sehingga rongga atau pori yang ada pada konstruksi tanah menjadi padat dan tidak mudah retak bocor.

 

2. Manfaat dan Fungsi Compaction Grouting

Menguatkan tanah agar mampu menopang beban yang lebih berat lagi karena konstruksinya lebih kuat. Namun demikian, jenis ini tidak selalu dapat mencegah terjadinya rembesan.

 

3. Manfaat dan Fungsi Fracture Grouting

Fungsinya adalah untuk menguatkan tanah lempung dengan memberikan penguatan kembali pada tanah yang permeabilitasnya rendah seperti tanah lempung.

 

4. Manfaat dan Fungsi Mixing Jet Grouting

Untuk menyemen sekeliling tiang atau pondasi suatu bangunan dengan mencampurkan dua perlakuan menggunakan jet bertekanan tinggi.

 

5. Manfaat dan Fungsi Fill Grouting

Menutup rekahan pada tanah atau batuan yang memerlukan pondasi, sehingga memastikan bangunan lebih kokoh dan tahan lama.

 

6. Manfaat dan Fungsi Vacuum grouting

Menambal pondasi dengan cara menyedot material grouting ke dalam batuan yang rusak sehingga pondasi atau batuan yang rusak akan bagus kembali.

 

Hubungi GoCement untuk Solusi Perbaikan Struktur Beton dan Pengecoran Modern!

Setelah mengetahui jenis-jenis grouting dan manfaat serta fungsi dari masing-masing jenis, Anda dapat memilih teknik grouting yang sesuai untuk memperbaiki struktur beton retak dengan efektif dan efisien. Pastikan untuk menggunakan bahan grouting yang sesuai dengan kondisi tanah dan batuan untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam perbaikan struktur beton. Selain itu, perlu memperhatikan faktor lingkungan dan keamanan dalam melakukan pekerjaan grouting agar hasilnya lebih tahan lama dan aman digunakan.

Harga Jual Grouting di Surabaya 2023 Terlengkap Hanya di GoCement!

Jangan ragu untuk mencari informasi lengkap seputar kebutuhan bangunan di GoCement. Didukung tim handal dan beragam pilihan produk, GoCement siap membantu Anda meraih proyek konstruksi yang sukses. Untuk informasi lebih lanjut atau pemesanan mendapatkan harga semen kompetitif, kunjungi marketplace kami di GoCement.com (Whatsapp: https://wa.link/g2vu13).



Artikel lain yang dapat Anda baca
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain? - Artikel GoCement
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain?

Kuat tidaknya sebuah bangunan sangat bergantung kepada pondasi di bawahnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pondasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap kualitas bangunan. Pondasi adalah struktur bangunan paling dasar yang memiliki fungsi untuk menyalurkan beban dari struktur di atasnya kepada lapisan tanah pendukung. Pembangunan pondasi sangat krusial dalam sebuah projek pembangunan rumah. Jika Baca selengkapnya


Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik ! - Artikel GoCement
Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik !

Plafon adalah bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah rumah. Dari plafon rumah unik hingga plafon rumah minimalis, banyak sekali desain plafon yang kamu bisa pilih untuk hunianmu. Secara umum, plafon lebih dikenal dengan istilah langit – langit. Dalam dunia kontraktor, plafon adalah permukaan interior atas yang terhubung langsung dengan bagian atas sebuah ruangan. Baca selengkapnya


Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini ! - Artikel GoCement
Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini !

Instalasi listrik adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah rumah. Jika kamu sedang merencanakan membangun rumah atau melihat – lihat rumah untuk dibeli, rangkaian instalasi listrik harus dipahami secara mendalam. Instalasi listrik rumah merupakan sebuah sistem listrik yang semuanya terhubung. Semua sumber listrik rumah dan bangunan di Indonesia dikelola oleh PLN. Meski begitu, PLN Baca selengkapnya