Rekomendasi Pasir Bangunan yang Tepat Anda Gunakan

Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

22 Agustus 2023
Anggun Ross | 22 Agustus 2023
Rekomendasi Pasir Bangunan yang Tepat Anda Gunakan
pasir bangunan

Pasir bangunan dan berbagai informasi lengkap.

 

Pasir bangunan telah lama digunakan untuk berbagai keperluan konstruksi, seperti pembuatan beton, mortar, plester, dan masih banyak lagi. Kali ini kita akan bahas tentang beberapa jenis pasir yang berbeda untuk bantu kamu memilih pasir yang tepat untuk proyekmu.

Apa sih Pasir Bangunan itu ?

Pasir adalah salah satu bahan utama yang digunakan dalam pembuatan beton. Pasir berasal dari batu-batuan yang telah dihancurkan hingga menjadi butiran-butiran halus. Kualitas pasir yang bagus untuk bangunan sangat dipengaruhi oleh jenis batuan asalnya. Oleh karena itu, sebelum memilih jenis pasir untuk beton, perlu diketahui terlebih dahulu kandungan dan sifat-sifatnya.

 

Baca Juga : Panduan Lengkap: Harga Semen di Jawa Timur 2023 Terbaru

 

Jenis-Jenis Pasir Bangunan

Jenis-jenis pasir bangunan biasanya dibedakan berdasarkan ukuran butirannya. Pasir yang memiliki butiran halus disebut dengan pasir halus, sedangkan pasir yang memiliki butiran kasar disebut dengan pasir kasar. Pasir halus umumnya digunakan untuk mortar, semen, beton, dan sebagainya. Sementara itu, pasir kasar sering digunakan untuk bahan bangunan seperti batu bata, batako, dll.

Beberapa jenis pasir bangunan yang sering digunakan 

  • Pasir Silika (Quartz Sand)

Inilah salah satu jenis pasir yang paling sering digunakan. Pasir ini memiliki butiran halus dan warnanya putih susu. Kelebihan utama dari pasir silika adalah ia tidak mudah mengeras ketika basah, sehingga sangat cocok untuk dijadikan bahan baku mortar atau beton. Selain itu, pasir silika juga relatif mudah dicari

pasir bangunan
  • Pasir Alam

Diambil dari sungai atau pantai, pasir alam biasanya digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat beton ringan. Selain itu, pasir alam juga bisa digunakan sebagai media filtrasi air.

 

Lihat Juga : Tips Memilih Perekat Keramik Lantai secara Tepat, Apa Saja?

 

  • Pasir Sungai

Pasir sungai diambil dari sungai dan biasanya berwarna coklat atau abu-abu. Pasir sungai memiliki ukuran butir yang lebih besar dibandingkan dengan pasir silika, sehingga pasir ini digunakan untuk membuat beton berat.

pasir bangunan
  • Pasir Merah

Merupakan salah satu jenis pasir kasar untuk bahan bangunan. Pasir merah terdiri dari butiran pasir dengan batuan berukuran lebih besar dari batuan yang ada pada jenis pasir lainnya. Pasir merah memiliki karakter kasar dan tidak mudah hancur. Biasanya pasir merah digunakan sebagai bahan campuran untuk cor bangunan karena dianggap sebagai material yang kuat dan kokoh untuk dijadikan bahan pondasi.

  • Pasir Elod

Jenis pasir yang memiliki campuran tanah di dalamnya. Untuk bahan pondasi bangunan, jenis pasir ini tidak direkomendasikan. Karena memiliki bahan tanah di dalamnya, pasir elod jika digenggam akan menggumpal dan tidak mudah hancur. Biasanya pasir elod digunakan untuk bahan campuran pembuatan batako.

pasir bangunan
  • Pasir Pasang

Karakteristik pasir pasang lebih halus dibandingkan dengan pasir beton. Jika dilihat pasir jenis ini juga memiliki ukuran butir lebih halus dan memiliki elemen yang lebih padat. Fungsi dari pasir pasang ialah untuk campuran pasir beton dalam pengecoran agar lebih kuat juga bisa digunakan sebagai bahan campuran untuk plesteran dinding.

pasir bangunan

Daftar Harga Pasir Bangunan di Jawa Timur, Harga Bersaing!

Pasir

Harga Pasir di Jawa Timur

Distributor

Pasir Lumajang 1 Rit 1 Pickup 0,9 m3

Rp. 406.800

Toko Agung Group, Pandaan. Surabaya.

Pasir Pasuruan 1 Pickup (1 m3)

Rp. 255.000

Eka Jaya, Tanah Merah. Bangkalan

Pasir Biasa 1 Rit 1 Pickup (1 m3)

Rp. 193.300

Kiara, Kedopok. Probolinggo

Pasir Campur 1 Rit 1 CDE (6,5 m3)

Rp. 1.650.000

Hasil Bersama Benjeng. Gresik

Pasir Biasa 1 Rit ½ Pickup (0,5 m3)

Rp. 183.200

TB Tawi Makmur, Dukuh Pakis. Surabaya

Cek Pilihan Harga Pasir Bangunan di Jawa Timur di GoCement!

Jangan ragu untuk mencari informasi lengkap seputar kebutuhan bangunan di GoCement. Didukung tim handal dan beragam pilihan produk, GoCement siap membantu Anda meraih proyek konstruksi yang sukses. Untuk informasi lebih lanjut atau pemesanan mendapatkan harga semen kompetitif, kunjungi marketplace kami di GoCement.com (Whatsapp: https://wa.link/9yv47m).



Artikel lain yang dapat Anda baca
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain? - Artikel GoCement
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain?

Kuat tidaknya sebuah bangunan sangat bergantung kepada pondasi di bawahnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pondasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap kualitas bangunan. Pondasi adalah struktur bangunan paling dasar yang memiliki fungsi untuk menyalurkan beban dari struktur di atasnya kepada lapisan tanah pendukung. Pembangunan pondasi sangat krusial dalam sebuah projek pembangunan rumah. Jika Baca selengkapnya


Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik ! - Artikel GoCement
Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik !

Plafon adalah bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah rumah. Dari plafon rumah unik hingga plafon rumah minimalis, banyak sekali desain plafon yang kamu bisa pilih untuk hunianmu. Secara umum, plafon lebih dikenal dengan istilah langit – langit. Dalam dunia kontraktor, plafon adalah permukaan interior atas yang terhubung langsung dengan bagian atas sebuah ruangan. Baca selengkapnya


Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini ! - Artikel GoCement
Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini !

Instalasi listrik adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah rumah. Jika kamu sedang merencanakan membangun rumah atau melihat – lihat rumah untuk dibeli, rangkaian instalasi listrik harus dipahami secara mendalam. Instalasi listrik rumah merupakan sebuah sistem listrik yang semuanya terhubung. Semua sumber listrik rumah dan bangunan di Indonesia dikelola oleh PLN. Meski begitu, PLN Baca selengkapnya