Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain?

Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

03 Maret 2023
Anggun Ross | 03 Maret 2023
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain?

Kuat tidaknya sebuah bangunan sangat bergantung kepada pondasi di bawahnya.

Tidak bisa dipungkiri bahwa pondasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap kualitas bangunan. Pondasi adalah struktur bangunan paling dasar yang memiliki fungsi untuk menyalurkan beban dari struktur di atasnya kepada lapisan tanah pendukung. Pembangunan pondasi sangat krusial dalam sebuah projek pembangunan rumah. Jika sebuah rumah dibangun tanpa memikirkan kualitas pondasi, hal tersebut akan membawa konsekuensi secara jangka panjang.

Pondasi adalah salah satu faktor krusial dalam sebuah proses pembangunan.

Pondasi adalah struktur bangunan paling bawah dan bagian terendah dari sebuah bangunan. Cara kerja pondasi ialah menahan beban dari struktur diatasnya, lalu disalurkan melalui elemen struktur horizontal atau vertikal. Beban ini lalu akan disalurkan ke tanah dasar.

Salah satu metode untuk memasang pondasi pada sebuah pembangunan adalah tiang pancang beton. Tiang pancang beton adalah salah satu jenis tiang pancang yang cukup sering digunakan dalam dunia konstruksi. Jenis tiang pancang ini terbuat dari beton. Tiang pancang bisa di cor langsung di lokasi projek atau kontraktor bisa mendapatkannya langsung dalam bentuk pracetak. Tiang pancang pracetak sudah dibuat sebelumnya dari sebuah pabrik. Jenis ini bisa dibuat menyesuaikan kebutuhan konstruksi, seperti kotak, silinder, ataupun persegi panjang.

Tentunya, dalam pemilihan pembangunan pondasi terdapat banyak pertimbangan. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan pondasi tiang pancang yang kamu harus tahu!

 Kelebihan Tiang Pancang Beton

  • Pembangunan menjadi lebih fleksibel

    Pondasi tiang pancang dapat digunakan pada berbagai macam jenis pembangunan. Dari pembangunan skala kecil seperti rumah residensial, hingga projek besar seperti gedung perkantoran. Bentuk struktur ini juga bisa dibuat sesuai dengan spesifikasi bangunan yang hendak dibangun. Selain itu, ukuran dan bentuk dari pondasi juga bisa disesuaikan sendiri. Hal ini sangat membantu kontraktor untuk menghemat waktu dalam proses konstruksi. Ditambah lagi, denah pondasi bisa diatur sesuai dengan rencana pembangunan. Maka dari itu, tiang pancang beton memberikan fleksibilitas yang tinggi bagi kontraktor.

  • Memperkuat struktur bangunan

    Penggunaan tiang pancang beton sebagai pondasi akan memperkuat struktur bangunan secara drastis. Pondasi metode ini sangat kuat karena beban struktur bangunan tersalurkan ke tanah. Karena hal tersebut, metode ini cocok untuk projek pembangunan pada daerah tepi pantai. Struktur bangunan kana menjadi sangat kokoh dan kuat terhadap erosi air laut.

  • Daya tahan lebih lama

    Pondasi tiang pancang juga lebih tahan korosi. Oleh sebab itu, penggunaan struktur ini di Indonesia sangat direkomendasikan. Indonesia merupakan negara kepulauan beriklim tropis. Kondisi tanah seringkali lembab dan bersifat korosif, sehingga pondasi bangunan harus kuat dan tahan lebih lama. Metode ini tahan dari pelapukan, karat, dan dampak dari zat korosif. Pastinya, struktur bangunan akan tahan lebih lama jika menggunakan pondasi tiang pancang.

Kekurangan Tiang Pancang Beton

  • Biaya lebih mahal

    Jika dibandingkan dengan tipe pondasi lainnya, metode tiang pancang akan memakan biaya yang lebih besar. Proses produksinya rumit dan harus dibuat di luar lokasi projek pembangunan. Selain biaya pembuatannya, kontraktor juga harus bisa mempertimbangkan alat khusus untuk pemasangannya. Proses pemasangan tiang pancang membutuhkan berbagai peralatan berat. Misalnya seperti pile driver, drop hammer, dan lain sebagainya.

  • Proses perencanaan yang lama

    Pemasangan tiang pancang memerlukan perencanaan dan penghitungan matematis yang detail. Hal ini agar menjamin tidak akan terjadi kerusakan struktural yang diakibatkan oleh tidak meratanya pembagian beban pada bangunan. Pertimbangan dalam pemasangan tiang pancang beton sangat banyak karena kontraktor harus menyesuaikan dengan kondisi struktur tanah yang akan dibangun.

Itulah penjelasan singkat mengenai metode tiang pancang beton. Masih penasaran tentang permasalahan beton? Baca terus postingan blog GoCement disini



Artikel lain yang dapat Anda baca
Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik ! - Artikel GoCement
Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik !

Plafon adalah bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah rumah. Dari plafon rumah unik hingga plafon rumah minimalis, banyak sekali desain plafon yang kamu bisa pilih untuk hunianmu. Secara umum, plafon lebih dikenal dengan istilah langit – langit. Dalam dunia kontraktor, plafon adalah permukaan interior atas yang terhubung langsung dengan bagian atas sebuah ruangan. Baca selengkapnya


Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini ! - Artikel GoCement
Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini !

Instalasi listrik adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah rumah. Jika kamu sedang merencanakan membangun rumah atau melihat – lihat rumah untuk dibeli, rangkaian instalasi listrik harus dipahami secara mendalam. Instalasi listrik rumah merupakan sebuah sistem listrik yang semuanya terhubung. Semua sumber listrik rumah dan bangunan di Indonesia dikelola oleh PLN. Meski begitu, PLN Baca selengkapnya


Pilih Pasir Sama Kayak Pilih Jodoh, Jangan Sampai Salah Ya ! - Artikel GoCement
Pilih Pasir Sama Kayak Pilih Jodoh, Jangan Sampai Salah Ya !

Pasir bangunan telah lama digunakan untuk berbagai keperluan konstruksi, seperti pembuatan beton, mortar, plester, dan masih banyak lagi. Kali ini kita akan bahas tentang beberapa jenis pasir bangunan yang berbeda untuk bantu kamu memilih pasir bangunan yang tepat untuk proyekmu. Apa sih Pasir Bangunan itu ? Pasir bangunan adalah salah satu bahan utama yang digunakan Baca selengkapnya