Tips Memilih dan Harga Perekat Keramik Lantai di Surabaya 2023

Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

11 Oktober 2023
Anggun | 11 Oktober 2023
Tips Memilih dan Harga Perekat Keramik Lantai di Surabaya 2023
harga perekat keramik lantai surabaya
perekat keramik lantai

Tips pasang perekat keramik lantai, cek disini. Sumber foto Unsplash

 

Perekat keramik lantai adalah bahan kimia yang digunakan untuk mengikat dan memasang keramik lantai pada permukaan. Inilah bahan yang sangat krusial dalam proses pemasangan lantai keramik lantai, sehingga penting untuk memilih perekat yang sesuai agar hasil pemasangan menjadi optimal. 

Apa Fungsinya?

Fungsi utama perekat keramik adalah untuk melekatkan dan mengikat lantai keramik lantai atau ubin pada permukaan, dengan kuat dan tahan lama.

 

Memiliki sifat fleksibel yang memungkinkan keramik lantai bergerak secara minimal dalam respons terhadap perubahan suhu atau getaran. Fleksibilitas sekaligus stabilitas ini membantu mencegah retak atau pengelupasan yang disebabkan oleh perubahan kondisi.

 

Baca Juga : Simple! Ini Cara Menghilangkan Bekas Semen di Keramik

 

Jenis-jenis Perekat Keramik Lantai

Berbasis Semen


Jenis perekat ini biasanya terdiri dari campuran semen, pasir halus, dan bahan tambahan lainnya. Mereka mengering melalui proses pengeringan alami dan mengeras seiring waktu. Perekat berbasis semen sering digunakan untuk instalasi lantai keramik lantai di area yang tidak terkena kelembaban tinggi.

Berbasis Lateks

Mengandung lateks atau polimer lateks yang memberikan elastisitas dan ketahanan terhadap kelembaban. Mereka cocok untuk penggunaan di area yang cenderung lembab, seperti kamar mandi atau dapur.

Perekat Berbasis Epoxy


Cocok untuk instalasi di area yang menghadapi tekanan atau kerusakan mekanis yang tinggi karena jenis perekat keramik ini mengandung bahan kimia epoxy yang sangat kuat dan tahan terhadap kelembaban. 

Perekat Berbasis Akrilik


Memiliki sifat tahan air dan tahan terhadap kelembaban ringan. Mereka sering digunakan dalam instalasi keramik lantai dalam ruangan seperti di kamar mandi.

Mortar


Jenis perekat ini khusus digunakan untuk pemasangan ubin besar atau berat, seperti ubin lantai besar atau ubin dinding berukuran besar.

 

Lihat Juga : Rekomendasi 5 Nat Keramik Kamar Mandi Cepat Kering, Intip Daftar Ini!

 

Tips Memilih Perekat Keramik Lantai secara Tepat

Jangan sampai salah pilih dalam memilih perekat! Tentunya Anda tidak ingin keramik lantai cepat popping/terangkat atau mengalami kerusakan atau salah pemasangan. Menghindari hal-hal tersebut, simak tips memilih perekat secara tepat pada artikel Gocement berikut! 

 

  • Perhatikan Jenis Keramik Lantai sebelum Memilih Perekat Keramik

Pemilihan jenis perekat sangat dipengaruhi oleh jenis keramik lantai yang akan Anda pasang. Sangat penting untuk mempertimbangkan jenis keramik yang akan digunakan, seperti keramik porselen, ubin keramik, atau keramik alami. Setiap jenis keramik memiliki ciri khasnya sendiri dan membutuhkan jenis perekat yang sesuai. Sebagai contoh, keramik porselen yang cenderung lebih berat dan kokoh memerlukan perekat dengan daya rekat yang lebih tinggi.

 

Dengan memilih perekat yang sesuai dengan jenis keramik yang akan dipasang, Anda dapat memastikan bahwa adhesif tersebut memiliki kekuatan yang tepat untuk mengikat dan menopang keramik dengan optimal.

 

  • Cari Tahu Tingkat Ketahanan Air dan Kelembaban

Ketika mempertimbangkan penggunaan lantai keramik di lokasi yang rentan terhadap kelembaban, seperti kamar mandi atau area dekat kolam renang, penting untuk memilih perekat yang memiliki ketahanan terhadap air dan kinerja kelembaban yang baik. 

 

Perekat yang tahan air akan berperan dalam mencegah adanya kerusakan atau pembusukan pada keramik akibat paparan berlebihan terhadap air. Pastikan juga untuk memeriksa apakah perekat tersebut memiliki sertifikasi untuk ketahanan air, terutama jika hal ini menjadi kebutuhan khusus Anda.

 

  • Berapa Lama Waktu Pengerjaan dan Waktu Pengeringan?

Ketika Anda merencanakan proyek pemasangan keramik sendiri, perhatikan faktor waktu kerja dan waktu pengeringan yang sangat penting. Waktu kerja mengacu pada jangka waktu yang tersedia bagi Anda untuk mengaplikasikan perekat sebelum mulai mengering. Sementara itu, waktu pengeringan merujuk pada periode yang dibutuhkan agar perekat mengeras sepenuhnya dan mencapai kekuatan optimal. 

 

Saat memilih perekat, pastikan untuk mempertimbangkan kedua faktor ini. Anda perlu memilih perekat yang memberikan waktu kerja yang memadai, memungkinkan Anda untuk bekerja dengan cermat dan mengatur ubin dengan benar sebelum perekat mulai mengering. Namun, penting juga untuk memilih perekat yang memiliki waktu pengeringan yang wajar, sehingga Anda tidak perlu menunggu terlalu lama sebelum melanjutkan tahap berikutnya atau menggunakan area yang dikeramik.

Daftar Harga Perekat Keramik Lantai di Surabaya Terupdate 2023

Perekat Keramik di Surabaya

Harga Perekat Keramik di Surabaya

Toko

ECO 400 Perekat Keramik 40 KG Rp. 98.700 Surya Agung, Wonoayu
Lemkra FK 101 Perekat Keramik Lantai 5 KG Abu-Abu Rp. 34.000 Sinar Kota Jaya, Genteng
Lemkra FK 111 Perekat Keramik Dinding 30 KG Putih Rp. 221.850 Sinar Kota Jaya, Genteng
AM Tile Adhesive Perekat Keramik 25 KG Sak Rp. 76.300 CV Murya Agung, Tegalsari
DEMIX C1 Perekat Keramik Harga Khusus

Daftar Harga Perekat Keramik Lantai di Surabaya 2023, Klik GoCement!

Jangan ragu untuk mencari informasi lengkap seputar kebutuhan bangunan di GoCement. Didukung tim handal dan beragam pilihan produk, GoCement siap membantu Anda meraih proyek konstruksi yang sukses. Untuk informasi lebih lanjut atau pemesanan mendapatkan harga bahan bangunan kompetitif, hubungi GoCement disini!



Artikel lain yang dapat Anda baca
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain? - Artikel GoCement
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain?

Kuat tidaknya sebuah bangunan sangat bergantung kepada pondasi di bawahnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pondasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap kualitas bangunan. Pondasi adalah struktur bangunan paling dasar yang memiliki fungsi untuk menyalurkan beban dari struktur di atasnya kepada lapisan tanah pendukung. Pembangunan pondasi sangat krusial dalam sebuah projek pembangunan rumah. Jika Baca selengkapnya


Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik ! - Artikel GoCement
Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik !

Plafon adalah bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah rumah. Dari plafon rumah unik hingga plafon rumah minimalis, banyak sekali desain plafon yang kamu bisa pilih untuk hunianmu. Secara umum, plafon lebih dikenal dengan istilah langit – langit. Dalam dunia kontraktor, plafon adalah permukaan interior atas yang terhubung langsung dengan bagian atas sebuah ruangan. Baca selengkapnya


Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini ! - Artikel GoCement
Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini !

Instalasi listrik adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah rumah. Jika kamu sedang merencanakan membangun rumah atau melihat – lihat rumah untuk dibeli, rangkaian instalasi listrik harus dipahami secara mendalam. Instalasi listrik rumah merupakan sebuah sistem listrik yang semuanya terhubung. Semua sumber listrik rumah dan bangunan di Indonesia dikelola oleh PLN. Meski begitu, PLN Baca selengkapnya