Tips Cara Menggunakan Lem Pipa PVC Bagi Pemula, Anti Ribet

Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

19 Agustus 2023
Anggun | 19 Agustus 2023
Tips Cara Menggunakan Lem Pipa PVC Bagi Pemula, Anti Ribet
Cara Menggunakan Lem Pipa PVC

Tidak masalah apakah Anda mau menggunakan lem pipa PVC untuk pekerjaan profesional atau proyek kerajinan tangan di rumah. Yang jelas, sangat penting untuk tahu cara menggunakan lem pipa PVC agar efektif dan aman.

Pipa PVC (Polyvinyl Chloride) adalah komponen umum digunakan dalam sistem perpipaan untuk mengalirkan berbagai jenis cairan, mulai dari air bersih hingga air limbah.

Terkadang, kita mungkin perlu menyambung pipa agar mencapai ukuran panjang sesuai keperluan. Untuk melakukan ini, Anda akan membutuhkan lem pipa PVC yang tepat.

Tips dan Cara Menggunakan Lem Pipa PVC

Pertanyaan utama yang mungkin muncul, bagaimana cara menggunakan lem PVC? Mari lanjutkan membaca untuk mengetahui cara menggunakan lem PVC yang benar.

Lem PVC vs Lem Biasa

Anda mungkin penasaran apakah bisa menggunakan lem alternatif saat bekerja dengan pipa PVC? Ini adalah pertanyaan sederhana, tetapi jawabannya tidak begitu sederhana.

Secara teknis, Anda bisa menggunakan lem super… tetapi jangan heran jika daya rekatnya tidak bertahan lama.

Jenis lem lain mungkin cocok untuk proyek PVC sederhana yang tidak memerlukan daya tahan tinggi. Contohnya adalah proyek sekolah anak-anak dan lainnya.

Sedangkan, lem PVC adalah pelarut kimia yang melelehkan permukaan pipa PVC. Dua bagian tersebut melekat dalam proses yang disebut pengelasan dingin. Hal ini menciptakan sebuah bagian tunggal yang tidak dapat dipisahkan kecuali dengan cara dipotong.

Cara Menempelkan Pipa PVC

Sekarang Anda telah mengetahui manfaat menggunakan lem PVC khusus ketimbang lem biasa. Tetapi bagaimana cara menggunakan lem PVC? Berikut panduannya:

Pilih Lem pipa yang Tepat

Sebelum mulai, pastikan Anda memilih lem yang tepat. Baca labelnya dengan teliti, pastikan tertulis “Lem PVC.” Meskipun ada banyak jenis lem di pasaran, hanya yang dirancang khusus untuk PVC yang akan benar-benar berfungsi di pipa PVC.

Lem lainnya mungkin cocok untuk kerajinan tangan, tetapi tidak akan kuat untuk aplikasi perpipaan yang memerlukan ketahanan tekanan tinggi.

Haluskan Ujung Pipa Sebelum Menyambung

Setelah memotong pipa PVC, biasanya ujungnya akan menjadi kasar atau tidak rata. Meskipun terlihat menggoda untuk langsung menyambungkannya, jangan lakukan itu.

Alih-alih, haluskan ujung pipa Anda menggunakan alat khusus. Jika Anda tidak memiliki alat khusus, Anda bisa menggunakan kertas amplas 80 grit sebagai alternatif yang ekonomis.

Cukup gulung kertas amplas menjadi tabung dan pipihkan sedikit. Gosokkan sepanjang bagian dalam pipa hingga bagian dalamnya halus.

Aplikasikan lem dengan cepat

Ketika sudah siap untuk mulai menyambung pipa, Anda harus bekerja secara cepat. Setelah mengaplikasikan primer, Anda hanya memiliki sekitar sepuluh detik sebelum harus mengaplikasikan lem.

Lem akan mulai mengering dalam beberapa detik, jadi segeralah masukkan ujung pipa ke dalam fitting pipa.

Jika lem mulai mengering sebelum pipa masuk ke fitting, Anda harus mengulanginya.

Proses ini memerlukan waktu agar lem mengering sempurna. Jangan tergesa-gesa, karena itu hanya akan membuang waktu.

Setelah pipa dimasukkan ke dalam fitting, Anda perlu memegangnya bersama selama setidaknya tiga puluh detik.

Jika dilepas terlalu cepat, lem mungkin tidak akan menempel dan pipa gampang copot dari fitting.

Biarkan pipa selama setidaknya dua puluh menit sebelum melanjutkan pekerjaan.

Ketika proyek sudah selesai, lebih baik tunggu 24 jam sebelum menggunakannya agar segelnya benar-benar kuat.

Tips Tambahan Menggunakan Lem Pipa PVC

Langkah-langkah di atas adalah hal-hal utama yang perlu Anda perhatikan saat bekerja dengan lem PVC. Namun, ini bukan satu-satunya hal yang harus Anda ketahui. Berikut adalah beberapa tips tambahan yang dapat Anda gunakan.

    Membuat pekerjaan lebih mudah dan cepat dengan meninggalkan tutup primer dan semen lem terbuka. Lakukan ini hanya jika Anda memiliki area kerja yang stabil. Jika tidak, Anda berisiko tumpah.

·         Saat memasukkan pipa PVC ke fitting, putar seperempat inci untuk hasil yang lebih baik. Hasil lem juga menjadi lebih kuat.

·         Belilah beberapa fitting cadangan untuk berjaga-jaga. Hal ini akan menghemat perjalanan ke toko atau penundaan proyek jika membuat kesalahan.

·         Primer pipa PVC adalah cairan tipis, jadi bisa berceceran. Hindari percikan dan tetesan dengan bekerja secara perlahan.

·         Jika menggunakan pemotong pipa internal, pastikan memilih ukuran yang tepat untuk proyek.

Proses menggunakan lem PVC mungkin sederhana, tetapi masih perlu hati-hati untuk menghindari kesalahan.

Sekarang, Anda telah memahami cara yang tepat untuk menggunakan lem pipa PVC, dan siap memanfaatkannya dalam berbagai proyek perpipaan.

Belanja Produk Lem Pipa PVC Berkualitas Dalam Sekali Klik di GoCement!

Apakah Anda siap memulai proyek perpipaan? Temukan berbagai produk lem pipa PVC dan material bangunan lainnya yang Anda butuhkan hanya di GoCement. Dengan berbagai pilihan produk berkualitas, GoCement adalah mitra terpercaya untuk semua kebutuhan konstruksi.

Jangan tunda lagi, mulailah proyek Anda hari ini dengan mengunjungi GoCement dan temukan penawaran harga terbaiknya! Silakan kontak Ayu Kring-kring GoCement jika ada pertanyaan atau butuh info produk lebih lanjut.



Artikel lain yang dapat Anda baca
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain? - Artikel GoCement
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain?

Kuat tidaknya sebuah bangunan sangat bergantung kepada pondasi di bawahnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pondasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap kualitas bangunan. Pondasi adalah struktur bangunan paling dasar yang memiliki fungsi untuk menyalurkan beban dari struktur di atasnya kepada lapisan tanah pendukung. Pembangunan pondasi sangat krusial dalam sebuah projek pembangunan rumah. Jika Baca selengkapnya


Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik ! - Artikel GoCement
Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik !

Plafon adalah bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah rumah. Dari plafon rumah unik hingga plafon rumah minimalis, banyak sekali desain plafon yang kamu bisa pilih untuk hunianmu. Secara umum, plafon lebih dikenal dengan istilah langit – langit. Dalam dunia kontraktor, plafon adalah permukaan interior atas yang terhubung langsung dengan bagian atas sebuah ruangan. Baca selengkapnya


Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini ! - Artikel GoCement
Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini !

Instalasi listrik adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah rumah. Jika kamu sedang merencanakan membangun rumah atau melihat – lihat rumah untuk dibeli, rangkaian instalasi listrik harus dipahami secara mendalam. Instalasi listrik rumah merupakan sebuah sistem listrik yang semuanya terhubung. Semua sumber listrik rumah dan bangunan di Indonesia dikelola oleh PLN. Meski begitu, PLN Baca selengkapnya