Menggunakan Bahan Bangunan Green Label : Apa sih gunanya ?

Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

28 Agustus 2024
Anggun Ross | 28 Agustus 2024
Menggunakan Bahan Bangunan Green Label : Apa sih gunanya ?
green label
ramah lingkungan
sustainable

Konsep keberlanjutan atau sustainability lagi jadi perhatian dalam semua aspek nih, termasuk dalam industri konstruksi. Salah satu cara untuk mendukung konsep ini adalag dengan menggunakan bahan bangunan green label. Bahan bangunan yang bersertifikasi green label tidak hanya memenuhi standar kualitas, tetapi juga berperan penting dalam menjaga kelestarian lingkungan. Ketahui fungsi menggunakan bahan bangunan yang sudah memiliki green label pada artikel ini.

Apa Itu Green Label ?

Green Label adalah sertifikasi yang diberikan kepada produk-produk yang memenuhi kriteria ramah lingkungan. Seperti penggunaan bahan baku yang berkelanjutan, proses produksi yang efisien, dan dampak minimal terhadap lingkungan. Produk-produk ini diuji berdasarkan berbagai faktor, termasuk emisi, penggunaan energi dan bahan kimia yang digunakan dalam produksinya.

Fungsi Utama Bahan Bangunan Green Label

  • Mengurangi Jejak Karbon

Bahan bangunan bersertifikat Green Label umumnya diproduksi dengan teknologi dan metode yang menghasilkan emisi karbon lebih rendah. Misalnya, bahan-bahan seperti beton daur ulang atau kayu bersertifikat FSC (Forest Stewardship Council) dipilih karena mereka meminimalkan dampak terhadap lingkungan selama proses ekstraksi dan produksinya.

  • Mendukung Efisiensi Energi

Banyak bahan bangunan ini dirancang untuk meningkatkan efisiensi energi bangunan. Contohnya, insulasi termal yang terbuat dari bahan alami atau daur ulang dapat membantu mengurangi kebutuhan energi untuk pemanasan atau pendinginan, yang pada akhirnya mengurangi konsumsi energi secara keseluruhan.

  • Meminimalkan Limbah

Bahan bangunan yang ramah lingkungan sering kali berasal dari bahan daur ulang atau bahan yang dapat diperbarui, seperti bambu atau serat kelapa. Ini berarti lebih sedikit limbah yang dihasilkan dari proses produksi dan lebih sedikit sumber daya alam yang dieksploitasi.

  • Meningkatkan Kualitas Udara Dalam Ruangan

Bahan dengan Green Label, seperti cat rendah VOC (Volatile Organic Compounds) atau perekat ramah lingkungan, tidak mengeluarkan zat beracun yang dapat merusak kualitas udara di dalam ruangan. Hal ini penting untuk kesehatan penghuni bangunan serta mendukung lingkungan hidup yang lebih bersih.

  • Mendorong Praktik Konstruksi Berkelanjutan

Penggunaan bahan bangunan ramah lingkungan mendorong para pengembang, kontraktor, dan arsitek untuk lebih sadar dalam memilih material yang tidak hanya berkualitas tetapi juga mendukung upaya pelestarian lingkungan. Ini mengarah pada praktik konstruksi yang lebih bertanggung jawab dan berkelanjutan.

Dampak Positif terhadap Lingkungan

Penggunaan bahan bangunan ramah lingkungan memiliki dampak jangka panjang yang positif terhadap lingkungan. Bangunan yang dibangun dengan bahan-bahan ini cenderung lebih efisien dalam penggunaan energi, lebih tahan lama, dan memiliki siklus hidup yang lebih ramah lingkungan. Selain itu, dengan mengurangi emisi dan limbah, serta menggunakan sumber daya yang dapat diperbarui, kita dapat membantu mengurangi tekanan terhadap lingkungan dan menjaga keseimbangan ekosistem.

Katalog Produk Bahan Bangunan Green Label, Klik GoCement!

Jangan ragu untuk mencari informasi lengkap seputar produk bahan bangunan yang ramah lingkungan di GoCement. Didukung tim handal dan beragam pilihan produk, GoCement siap membantu Anda meraih proyek konstruksi yang sukses. Untuk informasi lebih lanjut atau pemesanan mendapatkan harga bahan bangunan kompetitif, hubungi GoCement disini!



Artikel lain yang dapat Anda baca
Mitra GoCement Gajah Mada, Toko Bangunan Surabaya Barat - Artikel GoCement
Mitra GoCement Gajah Mada, Toko Bangunan Surabaya Barat

Mengenal Mitra GoCement Gajah Mada di Surabaya Barat GoCement Marketplace Bahan Bangunan saat ini sudah memiliki ratusan Mitra yang tersebar di wilayah Jawa Timur khususnya di Surabaya. Salah satu Mitra untuk area Surabaya Barat adalah Toko Bangunan Gajah Mada Sebagai salah satu Mitra unggulan yang dimiliki GoCement, Toko Bangunan Gajah Mada menyediakan berbagai kebutuhan konstruksi Baca selengkapnya


Mitra GoCement MSS, Tempatnya Beli Bahan Bangunan di Tandes - Artikel GoCement
Mitra GoCement MSS, Tempatnya Beli Bahan Bangunan di Tandes

Toko Bangunan Mitra GoCement MSS di Tandes Toko Bangunan Wilayah Tandes : Mitra GoCement MSS GoCement Marketplace Bahan Bangunan saat ini sudah memiliki ratusan Mitra yang tersebar di wilayah Jawa Timur khususnya di Surabaya Barat. Salah satunya yang telah bergabung di area Tandes adalah Toko Bangunan MSS ( Mekar Sejahtera Sentosa ) Sebagai salah satu Baca selengkapnya


Voucher Belanja Bahan Bangunan Online Bulan Juni - Artikel GoCement
Voucher Belanja Bahan Bangunan Online Bulan Juni

Voucher Belanja Bahan Bangunan Online di Surabaya Khusus Bulan Juni Beli bahan bangunan secara online bisa menjadi pilihan yang lebih praktis dan hemat waktu. Bahkan kamu juga bisa mendapat diskon kalau tepat memilih platform/marketplace bahan bangunan online secara cermat lho! Pada Bulan Juni ini, GoCement akan mengadakan promosi produk bahan bangunan online yang akan tersedia Baca selengkapnya