Perbedaan Antara Hebel dan Bata Ringan: Dua Jenis Bahan Konstruksi Paling Populer

Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

25 Mei 2023
Anggun Ross | 25 Mei 2023
Perbedaan Antara Hebel dan Bata Ringan: Dua Jenis Bahan Konstruksi Paling Populer

Dalam industri konstruksi, terdapat dua jenis bahan yang sering digunakan untuk membangun dinding adalah hebel dan bata ringan. Terdapat beberapa perbedaan penting antara keduanya meski keduanya juga termasuk dalam kategori bahan bangunan ringan.

Hebel, juga dikenal sebagai Autoclaved Aerated Concrete (AAC)

adalah bahan konstruksi yang terbuat dari campuran semen, pasir, air, dan bahan pengisi seperti bubuk aluminium atau serbuk kayu. Hebel memiliki struktur seluler yang ringan dan pori-pori udara yang terdistribusi merata di dalamnya. Keunggulan hebel meliputi isolasi termal yang baik, tahan api, dan kekuatan struktural yang tinggi. Hebel juga lebih ringan daripada bata ringan, sehingga lebih mudah dalam proses instalasi.

Di sisi lain, seperti namanya, bata ringan adalah bata yang memiliki berat lebih ringan dibandingkan dengan bata konvensional.

Bahan utama dalam pembuatan bata ringan adalah pasir, kapur, semen, dan bahan pengisi seperti serat atau bubuk kayu. Bata ringan memiliki struktur pori-pori yang lebih besar, yang memberikan kepadatan yang lebih rendah daripada hebel. Keunggulan bata ringan meliputi isolasi termal yang baik, daya serap air yang rendah, dan kemampuan tahan gempa yang baik. Namun, dibandingkan dengan hebel, bata ringan mungkin memiliki kekuatan struktural yang sedikit lebih rendah.

Dalam memilih antara hebel dan bata ringan, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan persyaratan proyek konstruksi Anda. Hebel sering digunakan dalam proyek-proyek yang membutuhkan kekuatan struktural yang tinggi, seperti bangunan bertingkat atau dinding penahan. Sementara itu, bata ringan sering digunakan dalam proyek-proyek perumahan atau bangunan komersial dengan beban struktural yang lebih ringan.

 

Terakhir, pastikan Anda memilih Marketplace yang dapat memberikan kemudahan dalam bertransaksi Bata Ringan dan penuh penawaran menarik hanya di GoCement. Karena hanya di GoCement yang memberikan Anda kemudahan dalam melakukan konsultasi produk Bata Ringan dan Hebel secara online. Silakan klik link Konsultasi Sekarang berikut untuk mengakses formulir konsultasi atau Hubungi WhatsApp Kami. Terima kasih telah memilih produk kami, dan kami berharap dapat bekerja sama dengan Anda dalam proyek konstruksi selanjutnya.



Artikel lain yang dapat Anda baca
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain? - Artikel GoCement
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain?

Kuat tidaknya sebuah bangunan sangat bergantung kepada pondasi di bawahnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pondasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap kualitas bangunan. Pondasi adalah struktur bangunan paling dasar yang memiliki fungsi untuk menyalurkan beban dari struktur di atasnya kepada lapisan tanah pendukung. Pembangunan pondasi sangat krusial dalam sebuah projek pembangunan rumah. Jika Baca selengkapnya


Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik ! - Artikel GoCement
Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik !

Plafon adalah bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah rumah. Dari plafon rumah unik hingga plafon rumah minimalis, banyak sekali desain plafon yang kamu bisa pilih untuk hunianmu. Secara umum, plafon lebih dikenal dengan istilah langit – langit. Dalam dunia kontraktor, plafon adalah permukaan interior atas yang terhubung langsung dengan bagian atas sebuah ruangan. Baca selengkapnya


Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini ! - Artikel GoCement
Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini !

Instalasi listrik adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah rumah. Jika kamu sedang merencanakan membangun rumah atau melihat – lihat rumah untuk dibeli, rangkaian instalasi listrik harus dipahami secara mendalam. Instalasi listrik rumah merupakan sebuah sistem listrik yang semuanya terhubung. Semua sumber listrik rumah dan bangunan di Indonesia dikelola oleh PLN. Meski begitu, PLN Baca selengkapnya