Budget Yang Harus Disiapkan Untuk Harga Plester Dinding, Baca Disini!

Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

03 Oktober 2023
Anggun Ross | 03 Oktober 2023
Budget Yang Harus Disiapkan Untuk Harga Plester Dinding, Baca Disini!
harga plester dinding
jual plester dinding

Harga plester dinding. Sumber foto Unsplash

 

Buat kalian yang sedang pusing memikirkan rencana renovasi atau pembangunan rumah, pasti pernah mendengar kata plesteran dinding. Dalam proses pembangunan, tahapan ini seringkali diremehkan.

 

Akan tetapi, memplester dinding merupakan langkah penting yang harus dilakukan. Tentunya, proses plester dinding tidak boleh dilakukan secara asal – asalan. Jika kamu penasaran mengenai apa itu plesteran, fungsi plesteran, jenis plesteran, hingga harga plesteran dinding coba simak artikel di bawah.

 

Apa Itu Plester Dinding?

Plesteran dinding adalah sebuah lapisan yang digunakan untuk menutupi suatu bidang bangunan. Bisa dikatakan bahwa plesteran merupakan tahap terakhir dalam proses penyelesaian dinding. Hal ini dilakukan agar dinding rumah atau bangunan terlihat bersih. Fungsi utama dari plester dinding adalah untuk membuat dinding menjadi lebih rapi. Plesteran juga digunakan untuk melindungi dinding dari efek cuaca, misalnya air hujan atau sinar matahari. Beberapa fungsi lain dari plesteran adalah untuk menjadi peredam suara.

 

Bagaimana Cara Aplikasi Plester Dinding?

Untuk melakukan proses plester, dibutuhkan campuran yang terbuat dari beberapa bahan material. Secara umum, campuran tersebut terbuat dari pasir, semen, dan air. Namun terdapat beberapa jenis plesteran dinding lainnya yang bisa terbuat dari bahan lain. Sebagai contoh, ada plester tanah liat, plestek kapur, dan plester semen. Plester tanah liat terbuat dari campuran jerami dengan kotoran sapi. Biasanya, plester ini akan digunakan pada pembangunan rumah tradisional. Plester kapur terbuat dari bahan kapur dan pasir. Sedangkan plester semen terbuat dari campuran semen dengan pasir. Perhatikan rasio dari komposisi campuran plester yang digunakan. Jika komposisi dari campuran salah hitung, kualitas dari tahap plesteran dinding akan menurun.

 

Setelah selesai mencampurkan material, plesteran dinding akan diaplikasikan kepada batu bata yang sudah ditumpuk terlebih dahulu. Memasang plester dinding memerlukan teknik khusus dan tenaga yang ahli dalam proses pemasangannya. Proses pemlesteran dinding dilakukan secara manual dengan tangan. Maka pada saat melakukan plester dinding, harus dilakukan secara teliti. Jika tidak, dinding akan gampang retak.

 

Lapisan terakhir yang sudah setengah kering akan diamplas. Hasil plesteran yang diamplas akan membuat dinding menjadi lebih halus dan rata. Ditambah lagi, proses pengecatan menjadi lebih mudah. Sedikit tips, jika kamu ingin melakukan plester dinding, lebih baik lakukanlah pada musim kemarau. Udara yang panas akan membuat plesteran dinding cepat kering. Lebih baik menunggu musim hujan reda, daripada hasil plesteran tumbuh jamur dan lumut.

 

Tentunya, dalam proses pembangunan pasti kamu memiliki pertimbangan sendiri mengenai anggaran dan harga. Umumnya, pemborong atau kontraktor akan mencantumkan harga plesteran ke dalam rancangan anggaran biaya. Akan tetapi, alangkah lebih baik jika kamu mengetahui harga sebenarnya dari material bangunan yang akan digunakan. Selain mempermudah komunikasi dengan pihak kontraktor, kamu juga bisa menyiapkan dana terlebih dahulu.

 

Daftar Harga Plester Dinding di Jawa Timur 2023

Cek tabel di bawah ini untuk perkiraan berapa harga plesteran dinding!

Pilihan Harga Jual Plester Dinding

Harga Plester Dinding

Mortar Indonesia Acian Plester 40 kg Rp. 70.000
Mortar Utama MU-100 Plester Premium 40 kg Rp. 215.590
AM 80 Plester 40 kg Rp. 76.300
Angkasa Mortar 40 kg Rp. 83.000
Drymix Plester 40 kg Rp. 55,00 – Rp. 75.000
Giant Mortar Rp. 30.000 – Rp. 117.000

 

Tips Memilih Plester Dinding secara Tepat

Selalu bandingkan produk plesteran dengan satu sama lain. Tiap produk memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Saat menghitung anggaran untuk plesteran dinding, jangan lupa untuk menyertakan pertimbangan lain seperti berapa lebar dinding bangunanmu dan biaya pemasangan.

 

Setelah melakukan pemlesteran, jangan lupa untuk memelihara dinding dengan baik. Dinding yang telah diplester memiliki peluang untuk berjamur atau berlumut karena udara yang lembab atau kurang cahaya matahari. Bila tidak dipelihara dengan baik, lapisan plester pada dinding dapat mudah terkelupas. Segera perbaiki plesteran jika mulai muncul tanda – tanda kerusakan.

 

Buat kamu yang sedang bingung mencari plesteran dinding atau renovasi rumah, kamu bisa cek di aplikasi GoCement. Selain plesteran dinding, di aplikasi GoCement ada banyak pilihan bahan material lainnya. Kamu juga bisa sewa alat konstruksi untuk kebutuhan proyek pembangunanmu. Memang masih jaman kebingungan cari bahan bangunan? Yuk, segera unduh aplikasi GoCement di Google Playstore!

Pilihan Harga Plester Dinding di Jawa Timur 2023, Klik GoCement

Jangan ragu untuk mencari informasi lengkap seputar kebutuhan bangunan di GoCement. Didukung tim handal dan beragam pilihan produk, GoCement siap membantu Anda meraih proyek konstruksi yang sukses. Untuk informasi lebih lanjut atau pemesanan mendapatkan harga semen kompetitif, kunjungi marketplace kami di GoCement.com (Whatsapp: https://wa.link/g2vu13).

 



Artikel lain yang dapat Anda baca
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain? - Artikel GoCement
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain?

Kuat tidaknya sebuah bangunan sangat bergantung kepada pondasi di bawahnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pondasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap kualitas bangunan. Pondasi adalah struktur bangunan paling dasar yang memiliki fungsi untuk menyalurkan beban dari struktur di atasnya kepada lapisan tanah pendukung. Pembangunan pondasi sangat krusial dalam sebuah projek pembangunan rumah. Jika Baca selengkapnya


Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik ! - Artikel GoCement
Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik !

Plafon adalah bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah rumah. Dari plafon rumah unik hingga plafon rumah minimalis, banyak sekali desain plafon yang kamu bisa pilih untuk hunianmu. Secara umum, plafon lebih dikenal dengan istilah langit – langit. Dalam dunia kontraktor, plafon adalah permukaan interior atas yang terhubung langsung dengan bagian atas sebuah ruangan. Baca selengkapnya


Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini ! - Artikel GoCement
Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini !

Instalasi listrik adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah rumah. Jika kamu sedang merencanakan membangun rumah atau melihat – lihat rumah untuk dibeli, rangkaian instalasi listrik harus dipahami secara mendalam. Instalasi listrik rumah merupakan sebuah sistem listrik yang semuanya terhubung. Semua sumber listrik rumah dan bangunan di Indonesia dikelola oleh PLN. Meski begitu, PLN Baca selengkapnya