Cara Mengatasi Retak Rambut Pada Dinding, Klik Disini

Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

26 September 2023
Anggun Ross | 26 September 2023
Cara Mengatasi Retak Rambut Pada Dinding, Klik Disini
retak rambut
retak rambut pada dinding

Retak rambut pada dinding. Sumber foto Unsplash

 

Tembok retak adalah salah satu masalah yang kerap ditemui pada sebuah bangunan.

Bahkan pada rumah atau bangunan baru, tembok retak bisa terjadi. Tidak hanya mengganggu estetika bangunan, jika tidak ditangani lebih lanjut tembok retak bisa menimbulkan bahaya. Jika kamu ingin mengetahui cara mengatasi tembok retak tanpa bantuan tukang, baca terus artikel di bawah ini.

 

Sebelum merenovasi tembok retak, ketahui terlebih dahulu alasan mengapa keretakan bisa terjadi. Keretakan tembok seringkali diakibatkan oleh air hujan atau rembesan dari sumber air lainnya. Lokasi hunian juga bisa menjadi salah satu faktor mengapa tembok bisa retak. Misalnya, tekstur tanah atau lokasi hunian yang dekat dengan rawa. Selain itu, kualitas dinding yang buruk ketika masa pembangunan juga dapat mengakibatkan keretakan pada tembok. Hal ini dapat berpengaruh tingkat kekokohan bangunan.

 

Untuk keretakan yang kecil, kamu bisa mengatasi keretakan tembok sendiri loh! Selain hemat biaya, kamu juga bisa memastikan kualitas perbaikan hingga selesai. Namun, apabila keretakan cukup besar dan terlihat parah, ada baiknya kamu langsung meminta bantuan jasa renovasi terpercaya, ya. Berikut adalah cara mengatasi tembok retak!

Bersihkan permukaan cat pada dinding

Sebelum memulai proses mengatasi tembok retak, pastikan dinding bersih dari kotoran dan debu. Dengan lap kain setengah basah, usap permukaan tembok dengan perlahan. Pastikan kotoran – kotoran seperti jamur, lumut, dan bercak lainnya hilang pada daerah keretakan. Jika terdapat paku, gunakan palu untuk mengangkatnya. Setelah selesai, lap lagi dengan kain kering bersih.

Amplas permukaan tembok

Langkah kedua dalam mengatasi tembok retak adalah mengamplas permukaan tembok. Gunakan amplas kasar untuk menggosok permukaan tembok. Gosok terus hingga acian tembok terlihat. Setelah selesai mengamplas, lap permukaan tembok menggunakan lap basah. Tembok akan terlihat lembab dan siap untuk proses selanjutnya.

Gunakan wall filler pada tembok retak

Gunakan semen khusus untuk mengisi tembok retak bernama wall filler. Semen ini berfungsi untuk mengatasi masalah tembok retak pada sebuah bangunan. Siapkan wall filler sesuai dengan instruksi pada kemasan. Ratakan campuran semen pada permukaan tembok yang retak. Lakukan langkah ini dengan hati – hati. Pastikan wall filler terpasang rata, tanpa ada bagian yang menonjol atau gelembung udara.

Oleskan cat plamir pada tembok

Setelah lapisan wall filler kering, waktunya untuk mengoleskan cat plamir pada tembok. Cat plamir memiliki fungsi yang berbeda dengan cat pada umumnya. Cat plamir tidak digunakan untuk mewarnai tembok, melainkan untuk meratakan tekstur dinding. Aplikasikan cat plamir dengan teliti dan hati – hati. Lapisan cat plamir sangat penting untuk menjaga atau memastikan agar tembok menjadi lebih kuat dan tidak akan retak kembali.

Proses Finishing

Langkah terakhir tentunya adalah tahap finishing. Pada tahap terakhir, langkah yang harus dilakukan adalah kembali mengamplas dinding setelah lapisan cat plamir kering total. Pengamplasan dilakukan agar permukaan kembali menjadi halus dan menyatu dengan area di sekelilingnya. Setelah mengamplas, aplikasikan cat tembok dengan warna yang sama dengan area lainnya. Dengan begitu tembok rumah akan kembali terlihat seperti sedia kala. Begitu cat tembok kering, bersihkan daerah yang terkena kotoran pada saat proses perbaikan.

 

Itu tadi adalah pembahasan singkat mengenai cara mengatasi tembok retak. Cara – cara ini hanya mempan untuk keretakan ringan atau yang tidak terlalu parah. Jika keretakan rumah bisa mempengaruhi kekuatan struktur rumah, langsung hubungi jasa renovasi terdekat ya!

Solusi Atasi Retak Rambut pada Dinding, Klik GoCement!

Jangan ragu untuk mencari informasi lengkap seputar kebutuhan bangunan di GoCement. Didukung tim handal dan beragam pilihan produk, GoCement siap membantu Anda meraih proyek konstruksi yang sukses. Untuk informasi lebih lanjut atau pemesanan mendapatkan harga semen kompetitif, kunjungi marketplace kami di GoCement.com (Whatsapp: https://wa.link/g2vu13).



Artikel lain yang dapat Anda baca
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain? - Artikel GoCement
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain?

Kuat tidaknya sebuah bangunan sangat bergantung kepada pondasi di bawahnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pondasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap kualitas bangunan. Pondasi adalah struktur bangunan paling dasar yang memiliki fungsi untuk menyalurkan beban dari struktur di atasnya kepada lapisan tanah pendukung. Pembangunan pondasi sangat krusial dalam sebuah projek pembangunan rumah. Jika Baca selengkapnya


Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik ! - Artikel GoCement
Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik !

Plafon adalah bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah rumah. Dari plafon rumah unik hingga plafon rumah minimalis, banyak sekali desain plafon yang kamu bisa pilih untuk hunianmu. Secara umum, plafon lebih dikenal dengan istilah langit – langit. Dalam dunia kontraktor, plafon adalah permukaan interior atas yang terhubung langsung dengan bagian atas sebuah ruangan. Baca selengkapnya


Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini ! - Artikel GoCement
Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini !

Instalasi listrik adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah rumah. Jika kamu sedang merencanakan membangun rumah atau melihat – lihat rumah untuk dibeli, rangkaian instalasi listrik harus dipahami secara mendalam. Instalasi listrik rumah merupakan sebuah sistem listrik yang semuanya terhubung. Semua sumber listrik rumah dan bangunan di Indonesia dikelola oleh PLN. Meski begitu, PLN Baca selengkapnya