5 Desain Plafon Ruang Tamu Minimalis untuk Ruang Kecil

Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

13 September 2023
Anggun | 13 September 2023
5 Desain Plafon Ruang Tamu Minimalis untuk Ruang Kecil
desain plafon ruang tamu
plafon ruang tamu

Desain plafon ruang tamu. Sumber foto Unsplash

 

Plafon ruang tamu merupakan elemen penting dalam desain interior yang mempengaruhi tampilan keseluruhan ruang tamu Anda. Model plafon ruang tamu selalu menjadi elemen penting dalam desain interior hunian agar menambah keindahan estetika sekaligus kenyamanan. 

 

Pemilihan jenis plafon yang tepat sangat krusial karena dapat mempengaruhi penampilan dan kenyamanan ruang tamu. Saat ini, tersedia berbagai model plafon ruang tamu yang dapat mengkomplementasi desain interior dan menciptakan suasana yang nyaman. Dari plafon kayu hingga desain plafon gypsum berpadu dengan hidden lamp LED, ada banyak pilihan yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 

Apa Fungsi Plafon Ruang Tamu?

Memiliki beberapa fungsi utama dalam ruang tamu. Salah satunya adalah menyembunyikan struktur atap, seperti balok dan instalasi pipa atau kabel yang tidak diinginkan, sehingga menciptakan tampilan yang lebih bersih dan estetis. Selain itu, plafon juga berperan dalam mengendalikan akustik ruangan dan membantu mengatur suhu ruangan.

 

Baca Juga : Harga Batu Teraso Sidoarjo dan Inspirasi Desain Interior

 

Beberapa material yang umum digunakan adalah gypsum board, kayu, logam, fiberglass, dan plastik. Pilihan material plafon tersebut tentunya akan mempengaruhi penampilan, kekuatan dan biaya pemasangan plafon. 

Desain Plafon Ruang Tamu Minimalis

Berikut ini adalah inspirasi plafon ruang tamu minimalis rangkuman tim GoCement

Desain Plafon Ruang Tamu Minimalis Serba Putih

desain plafon ruang tamu

Sumber foto Unsplash

 

Untuk ruangan yang memiliki luas terbatas, plafon ruang tamu dengan gaya minimalis berwarna putih adalah pilihan yang sangat tepat. Ini karena desain minimalis umumnya dikenal dengan dominasi warna putih. Dalam desain ini, seringkali lampu gantung ditempatkan di tengah plafon untuk menciptakan nuansa elegan dan mewah dalam ruang tamu. Selain lampu gantung, beberapa titik di plafon juga dirancang untuk lampu tambahan guna meningkatkan pencahayaan di ruangan. Hal ini akan menciptakan suasana yang lembut dan membuat ruang tamu terlihat lebih eksklusif terutama pada malam hari.

Desain Plafon Ruang Tamu Minimalis dengan Kayu

desain plafon ruang tamu

Sumber foto Unsplash

 

Selanjutnya, ada rekomendasi desain yang menggunakan jenis plafon kayu. Jenis material ini memberikan tampilan yang lebih alami dan kesan klasik yang menawan. Desainnya memiliki daya tarik estetis yang tinggi dalam ruang tamu. Model plafon ini biasanya terdiri dari panel dengan sentuhan warna yang hangat. Di sisi-sisinya, Anda dapat menambahkan lampu tambahan. Lampu berwarna kuning adalah pilihan yang tepat untuk memperkuat kesan hangat dalam ruang tamu tersebut.

Plafon Ruang Tamu Berpadu Lampu LED

desain plafon ruang tamu

Sumber foto Unsplash

 

Model plafon minimalis untuk ruang tamu yang menggabungkan bahan gypsum dengan lampu LED akan menciptakan paduan yang menarik. Penambahan lampu LED tidak hanya berfungsi sebagai penerangan tetapi juga sebagai elemen dekoratif yang memperindah ruang tamu. Kombinasi nuansa coklat dengan hiasan lampu LED dapat memberikan kesan mewah yang memikat dalam ruang tamu Anda. Untuk menyempurnakan keseluruhan tampilan ruangan, perlu dipertimbangkan paduan furniture, wallpaper dinding, dan plafon gypsum. Untuk menambah sentuhan akhir yang lebih mewah, Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan dekorasi dinding seperti lukisan.

Desain 3D Bertumpuk

desain plafon ruang tamu

Sumber foto Unsplash

 

Anda dapat mempertimbangkan penggunaan model plafon ruang tamu minimalis bertumpuk untuk menciptakan nuansa mewah dalam hunian Anda. Model ini tidak hanya cocok untuk ruang tamu, tetapi juga dapat diterapkan dalam berbagai ruangan lainnya. Desain ini sangat sesuai untuk ruangan dengan konsep minimalis yang sederhana. Penambahan tekstur bertumpuk pada plafon akan memberikan sentuhan khusus yang dapat mempercantik ruangan Anda.

Sentuhan Chandelier nan Elegan

desain plafon ruang tamu

Sumber foto Unsplash

 

Model plafon ruang tamu terbaru ini menciptakan kesan elegan dan indah. Kombinasi chandelier yang digunakan berpadu dengan furniture, dan langit-langit ruangan menghasilkan suasana yang mewah dan estetik. Tekstur langit-langit ruang tamu dirancang dengan ukuran yang menarik, memberikan sentuhan yang tidak konvensional dan berbeda, sehingga ruangan terlihat segar dan tidak biasa. Selanjutnya, penambahan lampu gantung di tengah ruang tamu tidak hanya memberikan tampilan yang lebih elegan, tetapi juga mewah.

Material untuk Desain Plafon Ruang Tamu Tersedia di GoCement!

Jangan ragu untuk mencari informasi lengkap seputar kebutuhan bangunan di GoCement. Didukung tim handal dan beragam pilihan produk, GoCement siap membantu Anda meraih proyek konstruksi yang sukses. Untuk informasi lebih lanjut atau pemesanan mendapatkan harga semen kompetitif, kunjungi marketplace kami di GoCement.com (Whatsapp: https://wa.link/g2vu13).



Artikel lain yang dapat Anda baca
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain? - Artikel GoCement
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain?

Kuat tidaknya sebuah bangunan sangat bergantung kepada pondasi di bawahnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pondasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap kualitas bangunan. Pondasi adalah struktur bangunan paling dasar yang memiliki fungsi untuk menyalurkan beban dari struktur di atasnya kepada lapisan tanah pendukung. Pembangunan pondasi sangat krusial dalam sebuah projek pembangunan rumah. Jika Baca selengkapnya


Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik ! - Artikel GoCement
Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik !

Plafon adalah bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah rumah. Dari plafon rumah unik hingga plafon rumah minimalis, banyak sekali desain plafon yang kamu bisa pilih untuk hunianmu. Secara umum, plafon lebih dikenal dengan istilah langit – langit. Dalam dunia kontraktor, plafon adalah permukaan interior atas yang terhubung langsung dengan bagian atas sebuah ruangan. Baca selengkapnya


Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini ! - Artikel GoCement
Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini !

Instalasi listrik adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah rumah. Jika kamu sedang merencanakan membangun rumah atau melihat – lihat rumah untuk dibeli, rangkaian instalasi listrik harus dipahami secara mendalam. Instalasi listrik rumah merupakan sebuah sistem listrik yang semuanya terhubung. Semua sumber listrik rumah dan bangunan di Indonesia dikelola oleh PLN. Meski begitu, PLN Baca selengkapnya