Simak Update Harga Besi 10 Panjang 12 Meter, Budget-Friendly Lho!

Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

20 Agustus 2023
Anggun | 20 Agustus 2023
Simak Update Harga Besi 10 Panjang 12 Meter, Budget-Friendly Lho!
Harga Besi 10

Pernahkah Anda bertanya-tanya berapa harga besi 10 dan apa manfaatnya? Nah, mari kita kupas tuntas bersama. Besi beton tulangan, atau yang sering disebut sebagai steel rebar, merupakan bahan sederhana namun sangat fleksibel.

Material ini telah lama digunakan dalam berbagai proyek konstruksi, seperti pembangunan gedung, pondasi, dinding, panel, dan banyak lagi.

Meskipun besi tulangan adalah bahan yang umum, ternyata memiliki beberapa keunggulan yang membuatnya menjadi salah satu bahan yang paling dapat diandalkan dalam aplikasi struktural.

Dengan desain yang tampak biasa seperti tabung dengan pola bergerigi, besi beton telah menjadi kunci dalam menciptakan struktur tahan banting untuk banyak bangunan modern hingga saat ini. Mari terus baca info selengkapnya!

Memberikan Dukungan pada Struktur

Manfaat paling jelas dari besi tulangan adalah bahwa ia memberikan dukungan kokoh pada berbagai jenis struktur. Seperti yang disebutkan sebelumnya, besi ini dapat ditemukan dalam pondasi, dasar, tiang, dan panel dinding.

Seringkali, satu besi tulangan akan dihubungkan dengan beberapa besi tulangan lainnya untuk membentuk kerangka yang memberikan stabilitas.

Desain unik dari besi tulangan membuatnya cocok untuk memberikan kekuatan penguatan pada sifat-sifat beton. Permukaan besi tulangan berpola dan bertekstur dirancang untuk melekat erat pada komposisi beton.

Setelah material selesai mengering, jaringan besi memungkinkan struktur bangunan berdiri tegak dan menahan tekanan eksternal yang mungkin memengaruhi seluruh sistem bangunan.

Dukungan yang Tinggi

Duktilitas adalah istilah yang sering dikaitkan dengan material struktural. Ini didefinisikan sebagai kemampuan sebuah material untuk tetap utuh meskipun telah mengalami deformasi pada penampilannya.

Beton polos itu sendiri tidak akan cukup untuk mendukung suatu struktur, hanya karena memiliki tingkat duktilitas yang rendah. Karena kebritilannya, beton rentan terhadap retak dan kerusakan, terutama ketika terpapar kondisi lingkungan lainnya.

Sebagai contoh, kelembaban saja sudah dapat meningkatkan celah pada agregat beton, yang dapat menyebabkannya hancur.

Oleh karena itu, besi tulangan atau besi beton menjadi pemandangan umum dalam aktivitas konstruksi berbasis beton. Berbeda dengan beton, baja memiliki tingkat ductility yang tinggi. Komponen karbon tambahan dengan mudah dapat meningkatkan tingkat ductility dan memungkinkannya untuk tahan terhadap lenturan dan gaya kompresi yang dimaksudkan untuk merusak material.

Tahan Terhadap Dampak Kerusakan

Penting bagi sebuah bangunan untuk dapat melindungi diri dari kerusakan akibat dampak yang dapat memengaruhi penampilan dan fungsinya. Dipadukan dengan bahan konstruksi yang tahan lama lainnya, besi tulangan sangat penting dalam memberikan ketahanan terhadap dampak yang tinggi.

Sebuah bangunan harus dapat memenuhi beberapa pedoman kepatuhan yang menentukan kesesuaiannya untuk digunakan. Inilah mengapa jarang sekali Anda akan melihat bangunan beton yang langsung rusak bahkan setelah mengalami tingkat dampak yang signifikan.

Sebagai contoh, pada saat bencana alam seperti gempa bumi, beberapa kerangka besi tulangan dapat mengubah sebuah bangunan menjadi struktur tahan gempa. Hal ini terutama terlihat pada kemampuan beton bertulang untuk mentransfer beban berat tekanan ke komponen bangunan lainnya.

Meskipun beberapa bagian struktur mungkin gagal atau rusak, kapasitas beban dan ketangguhan besi tulangan menambahkan lapisan dukungan dan perlindungan tambahan pada komponen lainnya.

Baca juga: Harga Koral 1 Pick Up Surabaya Sekarang Berapa? Update 2023

Pemasangan yang Mudah

Manfaat lain dari besi tulangan adalah bahwa ia dapat dengan mudah dipasang di tempat – baik untuk kolom, pelat dasar, paving, saluran air, dan sebagainya. Besi tulangan dapat dengan nyaman dipindahkan dan dipasang di lokasi dengan menggunakan bahan yang tersedia.

Dua teknik umum yang telah digunakan untuk membuat kerangka besi tulangan adalah mengikat dan pengelasan. Kontraktor dapat menentukan apakah besi tulangan yang mereka miliki cocok untuk salah satu dari dua metode ini. Misalnya, besi tulangan yang memiliki label “W” dapat di las bersama dengan besi tulangan lainnya.

Namun, metode yang lebih aman dan lebih populer di antara kedua metode tersebut adalah mengikat, yang melibatkan bahan-bahan yang relatif sederhana yang dapat ditemukan di setiap lokasi konstruksi. Ini karena merakit besi tulangan yang diikat bersama dapat diselesaikan dalam waktu yang jauh lebih singkat dengan sedikit kesulitan.

Dapat Didaur Ulang

Memilih besi tulangan bisa menjadi pilihan yang hemat biaya, bukan hanya karena ketersediaannya yang melimpah, tetapi juga karena besi ini dapat didaur ulang berkali-kali tanpa memengaruhi sifat-sifatnya.

Pikirkan tentang semua bangunan yang telah dirobohkan. Banyak dari bahan-bahan yang digunakan dalam konstruksinya – terutama besi tulangan – masih layak untuk didaur ulang.

Selain dari segi biaya, daur ulang besi tulangan juga memiliki implikasi lingkungan. Sampah yang lebih sedikit berarti beban pada tempat pembuangan sampah berkurang. Bahkan, hampir 100% besi tulangan dapat dengan aman didaur ulang dan digunakan kembali untuk konstruksi, yang secara signifikan mengurangi jumlah limbah yang masuk ke tempat pembuangan sampah.

Harga Besi 10 Panjang 12 Meter 2023

Ingin tahu berapa Harga Besi 10 saat ini? Berikut adalah tabel yang berisi informasi tentang berbagai jenis besi beton polos dan ulir berukuran 10 mm di beberapa toko di Surabaya beserta harganya:

Jenis Besi Beton

Toko

Lokasi

Harga (per batang)

Besi Beton Ulir SNI 10 mm

Toko Sinar Gemilang

Tandes, Surabaya

Rp78.000

Besi Beton Polos SNI 10 mm

K2 Jaya

Mulyorejo, Surabaya

Rp78.000

Besi Beton Polos SNI 10 mm

UD Kurnia 2

Asemrowo, Surabaya

Rp72.000

Besi Beton Polos SNI 10 mm

TB Bima Suci

Sukomanunggal, Surabaya

Rp65.000

Besi Beton Polos SNI 10 mm

Al Inayah 2

Benowo, Surabaya

Rp78.000

Cek harga besi 10 mm berkualitas hanya di GoCement!

Beberapa manfaat dari besi tulangan telah menjadikannya salah satu bahan yang paling cocok untuk digunakan dalam konstruksi. Kini, dengan pemahaman yang lebih baik tentang manfaat dan kegunaan besi tulangan, saatnya untuk mewujudkan proyek konstruksi impian Anda.

Sekarang, dengan hanya satu klik, Anda dapat menemukan dan membeli semua material konstruksi yang Anda butuhkan di Gocement. Tersedia berbagai jenis besi beton dan produk konstruksi lainnya dengan harga yang kompetitif. Download aplikasi Gocement sekarang juga dan mulai belanja dengan mudah dan nyaman! Butuh info produk lebih detail? Kontak via Whatsapp Ayu Kring-kring GoCement disini!



Artikel lain yang dapat Anda baca
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain? - Artikel GoCement
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain?

Kuat tidaknya sebuah bangunan sangat bergantung kepada pondasi di bawahnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pondasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap kualitas bangunan. Pondasi adalah struktur bangunan paling dasar yang memiliki fungsi untuk menyalurkan beban dari struktur di atasnya kepada lapisan tanah pendukung. Pembangunan pondasi sangat krusial dalam sebuah projek pembangunan rumah. Jika Baca selengkapnya


Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik ! - Artikel GoCement
Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik !

Plafon adalah bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah rumah. Dari plafon rumah unik hingga plafon rumah minimalis, banyak sekali desain plafon yang kamu bisa pilih untuk hunianmu. Secara umum, plafon lebih dikenal dengan istilah langit – langit. Dalam dunia kontraktor, plafon adalah permukaan interior atas yang terhubung langsung dengan bagian atas sebuah ruangan. Baca selengkapnya


Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini ! - Artikel GoCement
Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini !

Instalasi listrik adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah rumah. Jika kamu sedang merencanakan membangun rumah atau melihat – lihat rumah untuk dibeli, rangkaian instalasi listrik harus dipahami secara mendalam. Instalasi listrik rumah merupakan sebuah sistem listrik yang semuanya terhubung. Semua sumber listrik rumah dan bangunan di Indonesia dikelola oleh PLN. Meski begitu, PLN Baca selengkapnya