Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini !

Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

09 Maret 2023
Anggun Ross | 09 Maret 2023
Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini !

Instalasi listrik adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah rumah.

Jika kamu sedang merencanakan membangun rumah atau melihat – lihat rumah untuk dibeli, rangkaian instalasi listrik harus dipahami secara mendalam. Instalasi listrik rumah merupakan sebuah sistem listrik yang semuanya terhubung.

Semua sumber listrik rumah dan bangunan di Indonesia dikelola oleh PLN. Meski begitu, PLN hanya menyediakan meteran dan aliran listrik saja. Perusahaan tidak akan memasang instalasi listrik di setiap rumah atau bangunan. Maka dari itu, kamu sebagai pemilik hunian harus mengerti betul mengenai instalasi listrik.

Definisi Instalasi Listrik Rumah

Instalasi listrik merupakan sebuah rakitan perlengkapan listrik pada bangunan yang berkaitan satu sama lain. Pemasangan instalasi listrik memiliki tujuan atau maksud tertentu dan memiliki karakteristik terkoordinasi. Dalam kehidupan manusia, listrik memiliki peran dan fungsi yang sangat esensial. Maka, perencanaan harus dilakukan dengan teliti dan benar. Pemasangan sistem instalasi listrik harus mengacu pada peraturan dan ketentuan yang berlaku pada PUIL 2000 dan Undang – Undang Ketenagalistrikan 2002. Meskipun sebuah rumah tidak memerlukan energi listrik sebanyak gedung bertingkat, pendistribusian energi listrik harus diperhitungkan sebaik mungkin agar aliran listrik dapat terpenuhi dengan baik.

Jenis Instalasi Listrik Rumah

Instalasi listrik bisa dibagi menjadi dua bagian, yaitu instalasi penerangan listrik dan instalasi daya listrik. Instalasi penerangan listrik adalah energi listrik yang digunakan untuk lampu. Tenaga listrik diubah menjadi cahaya yang akan menerangi sebuah ruangan sesuai dengan kebutuhannya. Instalasi penerangan bertujuan untuk memberikan kenyamanan terhadap penghuni di rumah. Misalnya, memberikan penerangan pada titik – titik rumah yang tidak mendapatkan penerangan besar dari jendela atau pintu.

Instalasi daya listrik adalah listrik yang digunakan untuk menjalankan alat teknologi, seperti mesin atau pompa. Energi listrik diubah menjadi energi mekanis sesuai dengan kebutuhan manusia. Misalnya untuk menyalakan televisi, kulkas, pompa air, mesin cuci, dan lain sebagainya.

Prinsip Dasar Instalasi Listrik Rumah

Terdapat beberapa prinsip dasar instalasi listrik yang harus dijadikan pertimbangan pada saat proses perancangan dan pemasangan.

  1. Keamanan – instalasi listrik tidak boleh mengancam keamanan manusia, ternak, dan barang lainnya.
  2. Keandalan – instalasi listrik harus andal secara mekanik maupun elektrik. Instalasi listrik bekerja pada nilai nominal tanpa timbul kerusakan. Prinsip keandalan juga termasuk ketepatan pengamanan untuk menanggapi jika terjadi keadaan tidak normal.
  3. Ketersediaan – instalasi listrik harus siap untuk memenuhi kebutuhan baik daya, gawai, dan perluasan instalasi.
  4. Ketercapaian – instalasi listrik mudah dijangkau dan dioperasikan oleh pengguna.
  5. Keindahan – instalasi listrik harus sesuai dengan peraturan yang sudah diberlakukan sebelumnya. Posisi instalasi listrik juga harus sesuai pada tempatnya.
  6. Ekonomis – biaya instalasi listrik harus sehemat mungkin. Meski demikian, mutu peralatan tetap harus diutamakan.

Pemasangan Instalasi Listrik Rumah

Pemasangan instalasi listrik direkomendasikan untuk dilakukan oleh profesional. Namun, kamu bisa melakukannya sendiri jika mengetahui pedoman pemasangan instalasi. Memasang instalasi listrik sederhana bisa dilakukan secara mandiri jika ingin lebih hemat. Pastikan kabel berstandar SNI untuk menjaga keamanan penghuni rumah. Kabel berstandar SNI tidak hanya terjamin lebih aman, namun juga tidak mudah terkikis. Pastikan jalur instalasi listrik terbagi dengan baik. Jika terjadi konsleting atau kerusakan, akan lebih mudah untuk ditangani bila terdapat beberapa jalur instalasi listrik. Untuk peralatan listrik yang membutuhkan daya besar, buatkan jalur instalasi sendiri. Hal ini untuk memastikan agar tegangan listrik menjadi lebih stabil.

Pertimbangkan untuk memasang grounding atau arde dalam hunianmu. Pemasangan grounding dapat melindungi listrik dari kebocoran arus. Misalnya, jika rumahmu terkena sambaran petir, konsleting, atau sengatan aliran listrik dari bangunan lain, grounding akan membatasi resiko berbahaya. Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah pengecekan kualitas instalasi listrik secara berkala. Selalu jadwalkan tanggal pengecekan. Pastinya, setelah pemakaian selama beberapa waktu, akan ditemukan kerusakan. Ganti kabel atau perangkat lainnya yang sudah rusak.

Memang terlihat sulit, namun ternyata instalasi listrik rumah bisa dilakukan secara sederhana. Pastinya, jika kamu tidak merasa yakin mengenai perihal instalasi listrik, langsung konsultasikan kepada pekerja profesional. Apapun metode yang dipilih, kamu harus mengetahui dengan baik proses pemasangan instalasi listrik rumah.



Artikel lain yang dapat Anda baca
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain? - Artikel GoCement
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain?

Kuat tidaknya sebuah bangunan sangat bergantung kepada pondasi di bawahnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pondasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap kualitas bangunan. Pondasi adalah struktur bangunan paling dasar yang memiliki fungsi untuk menyalurkan beban dari struktur di atasnya kepada lapisan tanah pendukung. Pembangunan pondasi sangat krusial dalam sebuah projek pembangunan rumah. Jika Baca selengkapnya


Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik ! - Artikel GoCement
Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik !

Plafon adalah bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah rumah. Dari plafon rumah unik hingga plafon rumah minimalis, banyak sekali desain plafon yang kamu bisa pilih untuk hunianmu. Secara umum, plafon lebih dikenal dengan istilah langit – langit. Dalam dunia kontraktor, plafon adalah permukaan interior atas yang terhubung langsung dengan bagian atas sebuah ruangan. Baca selengkapnya


Pilih Pasir Sama Kayak Pilih Jodoh, Jangan Sampai Salah Ya ! - Artikel GoCement
Pilih Pasir Sama Kayak Pilih Jodoh, Jangan Sampai Salah Ya !

Pasir bangunan telah lama digunakan untuk berbagai keperluan konstruksi, seperti pembuatan beton, mortar, plester, dan masih banyak lagi. Kali ini kita akan bahas tentang beberapa jenis pasir bangunan yang berbeda untuk bantu kamu memilih pasir bangunan yang tepat untuk proyekmu. Apa sih Pasir Bangunan itu ? Pasir bangunan adalah salah satu bahan utama yang digunakan Baca selengkapnya