Tips Memilih Tukang Harian atau Borongan

Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

16 Januari 2024
Ananda Putri | 16 Januari 2024
Tips Memilih Tukang Harian atau Borongan

Kita sebagai home owner terkadang masih merasa kesulitan dalam membedakan Tukang Harian dan Borongan, tips memilih tukang harian atau borongan merupakan hal kita butuhkan sebagai pemilik rumah. Berikut ini perbedaan Tukang Harian atau Borongan serta tips dalam memilihnya:

 

TUKANG HARIAN

  • Biaya
    Perhitungan biaya untuk Tukang Harian dihitung berdasarkan jumlah jam kerja atau hari kerja.
  • Waktu
    Waktu pengerjaan yang dibutuhkan oleh Tukang Harian cenderung fleksibel berdasarkan tingkat perbaikan yang dilakukan.
  • Jenis Proyek
    Jenis proyek yang dikerjakan relatif sederhana seperti perbaikan ruangan, renovasi rumah, dll.
  • Tanggung Jawab
    Tanggung jawab yang dikerjakan Tukang Harian hanya sesuai dengan keahlian tukang tersebut.
 Baca Juga  7 Kesalahan Umum Pembangunan Rumah yang Boros Bahan Bangunan

TUKANG BORONGAN

  • Biaya
    Perhitungan biaya untuk Tukang Borongan dihitung berdasarkan kesepakatan awal bersama dalam jangka waktu tertentu.
  • Waktu
    Waktu pengerjaan yang dilakukan Tukang Borongan telah terjadwal sehingga lebih teratur dan dapat diprediksi kapan proyek dapat selesai.
  • Jenis Proyek
    Jenis proyek yang dikerjakan oleh Tukang Borongan relatif lebih besar dan kompleks seperti proyek untuk membangun rumah, bangunan komersil, dll.
  • Tanggung Jawab
    Tanggung jawab yang dikerjakan Tukang Borongan lebih besar karena menyesuaikan dengan pengelolaan proyek secara keseluruhan.

Berdasarkan penjelasan di atas ada beberapa tips yang dapat anda lakukan ketika ingin menggunakan jasa Tukang Harian atau Borongan yaitu :

 

Anda dapat menggunakan jasa Tukang Harian jika perbaikan yang anda lakukan untuk perbaikan yang relatif kecil seperti renovasi ruangan, perbaikan atap bocor, cat ulang tembok, dll. Pengerjaan yang dilakukan Tukang Harian yang spesifik dan lebih detail membuat jumlah biaya yang akan dikeluarkan kemungkinan lebih besar karena perhitungan biaya menyesuaikan dengan waktu yang dibutuhkan Tukang Harian untuk menyelesaikan perbaikan tersebut.

 

Sedangkan untuk Tukang Borongan direkomendasikan untuk perbaikan atau proyek yang relatif besar karena untuk melakukan perbaikan yang lebih kompleks seperti pembangunan rumah, pembangunan gedung, dll. Untuk Biaya relatif lebih efisien karena sudah dihitung dan disepakati sejak awal menyesuaikan dengan kebutuhan pekerja dan estimasi waktu proyek dapat selesai.

 



Artikel lain yang dapat Anda baca
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain? - Artikel GoCement
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain?

Kuat tidaknya sebuah bangunan sangat bergantung kepada pondasi di bawahnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pondasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap kualitas bangunan. Pondasi adalah struktur bangunan paling dasar yang memiliki fungsi untuk menyalurkan beban dari struktur di atasnya kepada lapisan tanah pendukung. Pembangunan pondasi sangat krusial dalam sebuah projek pembangunan rumah. Jika Baca selengkapnya


Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik ! - Artikel GoCement
Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik !

Plafon adalah bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah rumah. Dari plafon rumah unik hingga plafon rumah minimalis, banyak sekali desain plafon yang kamu bisa pilih untuk hunianmu. Secara umum, plafon lebih dikenal dengan istilah langit – langit. Dalam dunia kontraktor, plafon adalah permukaan interior atas yang terhubung langsung dengan bagian atas sebuah ruangan. Baca selengkapnya


Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini ! - Artikel GoCement
Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini !

Instalasi listrik adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah rumah. Jika kamu sedang merencanakan membangun rumah atau melihat – lihat rumah untuk dibeli, rangkaian instalasi listrik harus dipahami secara mendalam. Instalasi listrik rumah merupakan sebuah sistem listrik yang semuanya terhubung. Semua sumber listrik rumah dan bangunan di Indonesia dikelola oleh PLN. Meski begitu, PLN Baca selengkapnya