Cara Bersihkan Nat Keramik Kamar Mandi Agar Kinclong, Berbekal Baking Soda

Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

15 Agustus 2023
Anggun | 15 Agustus 2023
Cara Bersihkan Nat Keramik Kamar Mandi Agar Kinclong, Berbekal Baking Soda
Cara Bersihkan Nat Keramik

Siapa sih yang tak ingin melihat keramik kamar mandinya bersih dan berkilau? Sayangnya, seringkali nat keramik mengotori permukaan lantai sehingga tampak kusam.

Jika kita bisa tahu cara bersihkan nat keramik-terutama nat putih, maka hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga lantai atau dinding keramik tetap cemerlang. Walaupun keramik cenderung tahan noda, celah antar keramik alias nat terkadang dapat menyerap tumpahan minyak, kotoran, atau noda lainnya.

Tapi tahu nggak, ada beberapa bahan yang mungkin sudah ada di rumah bisa untuk membersihkan nat keramik yang kotor? Yuk, pelajari cara bersihkan nat keramik agar tampilan kamar mandi, dinding shower, maupun permukaan keramik lainnya selalu kinclong.

Cara Bersihkan Nat Keramik dengan Baking Soda

Sudah siap memulai metode pembersihan? Sebelumnya, mari lihat apa saja yang dibutuhkan berikut:

  •         Sikat gigi bekas
  •          Baking soda
  •         Hidrogen peroksida
  •        Sabun cuci piring

Langkah 1: Siapkan Area

Semprot nat dengan air panas dan gosok dengan sikat bulu kaku (sikat gigi bekas) untuk menghilangkan kotoran atau noda pada permukaan. Ikuti garis nat saat menyemprot dan menggosok dengan gerakan melingkar.

Langkah 2: Campurkan baking soda

Buat pasta pembersih nat dengan mencampur dua bagian baking soda dengan satu bagian hidrogen peroksida. Jika area nat sering terkena lemak, seperti dinding di dapur, tambahkan beberapa tetes sabun cuci piring.

Baca juga:Cara Bersihkan Nat Keramik Kamar Mandi Agar Kinclong

Langkah 3: Oleskan

Oleskan pasta pembersih nat buatan sendiri tadi pada garis nat dan biarkan selama sekitar 10 hingga 15 menit. Biarkan hingga campuran tadi meresap ke pori-pori untuk menghasilkan nat yang lebih bersih dan tampak lebih cerah.

Langkah 4: Gosok dengan Sikat

Dengan menggunakan sikat, gosok garis nat untuk mengangkat kotoran yang terperangkap di pori-porinya. Pada tahap ini nat akan mulai kembali ke warnanya yang asli.

Langkah 5: Bilas Keramik

Setelah menggosok, campurkan beberapa tetes sabun cuci piring dengan air panas dan gunakan spons atau kain untuk membilas keramik dan menghapus sisa pembersih nat.

Cara terbaik untuk menjaga hasil kerja kerasmu adalah tunggu setidaknya 24 jam untuk memastikan nat benar-benar kering.

Kapan Harus Mengganti Nat?

Jika nat mulai rusak atau mengelupas, sudah saatnya untuk mengganti nat yang baru. Kerusakan akibat air bisa terjadi ketika ruang antara keramik tidak dilindungi. Anda bisa memanggil tukang profesional untuk melakukannya, tetapi sebenarnya mengganti nat juga bisa dilakukan sendiri dengan cukup mudah.

Untuk memulainya, ukur jarak antara keramik, yang akan membantu menentukan jenis nat yang harus dibeli. Hapus nat yang mengelupas dengan gergaji nat dan usap kain basah di sepanjang garis nat. Ikuti petunjuk produk nat untuk mencampur dengan benar dan mulai mengisi celah lantai keramik. Terakhir, bersihkan sisa-sisa nat dengan kain lap.

Seberapa Sering Perlu Bersihkan Nat Keramik?

Nat keramik di dalam kamar mandi perlu pembersihan paling sering karena kelembaban bisa menyebabkan pertumbuhan jamur dan kerusakan. Setelah mandi, lakukan penyekat pada keramik untuk mengantisipasi air rembes ke bawah lantai keramik. Perawatan harian ini akan membantu mencegah pertumbuhan jamur dan penumpukan sabun, sehingga keramik shower tetap terlihat segar dan bersih.

Selain itu, semprot keramik dengan pembersih harian kamar mandi. Atau, buat pembersih alami sendiri dengan mencampurkan ¼ cangkir baking soda dengan 1 cangkir air dan tuangkan dalam botol semprot untuk digunakan setiap hari.

Selain perawatan ini, lakukan pembersihan nat keramik kamar mandi setiap satu hingga dua minggu. Untuk area lantai dapur yang tidak terlalu lembab, cukup dibersihkan 1-2 kali seminggu.

Belanja Produk Nat Keramik Berkualitas Hanya di GoCement Tile Grout!

Nat keramik kamar mandimu bisa bersinar kembali seperti baru dengan beberapa tips di atas. Dapatkan beragam produk Tile Grout hanya di GoCement!

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membersihkan nat keramik kamar mandi dengan mudah agar tetap kinclong dan tampil cantik. Perawatan rutin dan penggunaan bahan-bahan efektif akan membantu menjaga nat keramik tetap berkilau.

Jika Anda membutuhkan nat keramik berkualitas untuk kamar mandi, Anda dapat mengunjungi laman produk Tile Grout di Gocement melalui tautan ini.

Hubungi kami di nomor WhatsApp: 6281132299201 untuk info produk selengkapnya. Tim kami siap menjawab pertanyaan Anda. Jangan lewatkan artikel-artikel menarik terbaru dari Blog GoCement. Temukan informasi tips dan tren terbaru di dunia konstruksi setiap hari!



Artikel lain yang dapat Anda baca
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain? - Artikel GoCement
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain?

Kuat tidaknya sebuah bangunan sangat bergantung kepada pondasi di bawahnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pondasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap kualitas bangunan. Pondasi adalah struktur bangunan paling dasar yang memiliki fungsi untuk menyalurkan beban dari struktur di atasnya kepada lapisan tanah pendukung. Pembangunan pondasi sangat krusial dalam sebuah projek pembangunan rumah. Jika Baca selengkapnya


Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik ! - Artikel GoCement
Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik !

Plafon adalah bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah rumah. Dari plafon rumah unik hingga plafon rumah minimalis, banyak sekali desain plafon yang kamu bisa pilih untuk hunianmu. Secara umum, plafon lebih dikenal dengan istilah langit – langit. Dalam dunia kontraktor, plafon adalah permukaan interior atas yang terhubung langsung dengan bagian atas sebuah ruangan. Baca selengkapnya


Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini ! - Artikel GoCement
Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini !

Instalasi listrik adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah rumah. Jika kamu sedang merencanakan membangun rumah atau melihat – lihat rumah untuk dibeli, rangkaian instalasi listrik harus dipahami secara mendalam. Instalasi listrik rumah merupakan sebuah sistem listrik yang semuanya terhubung. Semua sumber listrik rumah dan bangunan di Indonesia dikelola oleh PLN. Meski begitu, PLN Baca selengkapnya