Cara Hitung Kebutuhan Pipa Talang : Jangan sampai meluap dan bikin bocor !

Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

02 Agustus 2024
Anggun Ross | 02 Agustus 2024
Cara Hitung Kebutuhan Pipa Talang : Jangan sampai meluap dan bikin bocor !
cara hitung pipa
jual pipa pvc
pipa talang

Pipa talang merupakan komponen penting dalam sistem drainase atap yang berfungsi untuk mengalirkan air hujan dari permukaan atap ke saluran pembuangan. Penggunaan pipa talang yang tepat tidak hanya mencegah kerusakan pada struktur bangunan akibat air, tetapi juga membantu menjaga kebersihan dan estetika lingkungan sekitar bangunan. Di artikel ini anda bisa menemukan cara hitung penggunaan pipa talang yang ideal.

Untuk menghitung penggunaan pipa talang yang benar, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Ukur Luas Atap

Hitung luas total atap yang akan dialiri air hujan. Misalnya, jika atap memiliki bentuk persegi panjang, luasnya adalah panjang dikalikan lebar atap.

Hitung Debit Air

Tentukan estimasi debit air hujan yang akan ditangani oleh pipa talang. Ini bisa bergantung pada curah hujan rata-rata di daerah Anda dan luas atap yang telah dihitung sebelumnya.

Pilih Diameter Pipa

Gunakan rumus atau tabel yang direkomendasikan untuk menentukan diameter pipa talang yang tepat berdasarkan debit air yang diharapkan. Umumnya, semakin besar luas atap dan curah hujan, semakin besar pula diameter pipa yang diperlukan.

Hitung Jumlah dan Panjang Pipa

Berdasarkan diameter pipa yang dipilih, hitung jumlah pipa talang yang diperlukan untuk menyalurkan air dengan efisien. Perhitungkan juga panjang pipa yang diperlukan untuk mencapai saluran pembuangan yang sesuai.

Perhitungan Tepat

Pastikan untuk mengonfirmasi perhitungan dengan peraturan atau standar yang berlaku di wilayah Anda, serta mempertimbangkan keandalan dan tahan lama pipa yang dipilih.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat menghitung penggunaan pipa talang yang benar dan memastikan sistem pengaliran air hujan berfungsi optimal.

Baca juga : Daftar Harga Pipa PVC Winlon Surabaya 2024

Cara Hitung Kebutuhan Pipa Talang

1. Pertama Hitung Perkiraan Curah Hujan dengan Rumus :

Luas Atap x Debit Air Hujan

Contoh :

Debit air hujan rata-rata Indonesia : 8liter/menit

Luas atap 150 m2

Curah HujanLuas atap x debit air hujan = 150 m2 x 8 L/menit = 1200 liter/menit

2. Cek Kapasitas Pipa

Cek kapasitas air yang dapat dialirkan pipa yang akan kamu gunakan

Diameter Volume
3 inch 255 ltr / menit
4 inch 547 ltr / menit
5 inch 990 ltr / menit
6 inch 1610 ltr / menit
8 inch 3470 ltr / menit

Contoh :

Kamu menggunakan pipa ukuran 4 inch = kapasitas air yang dapat dialirkan adalah 547 liter / menit

Berapa pipa yang kamu butuhkan ?

Kamu tinggal membagi Curah Hujan dengan Kapasitas Pipa

Curah Hujan / Kapasitas Pipa = 1200 / 547 = 2.17 atau bisa dibulatkan menjadi 3 buah pipa

Jadi, idealnya kamu membutuhkan 3 buah pipa untuk mengalirkan air hujan agar tidak terjadi genangan di atap yang bisa menyebabkan kebocoran.

Harga Pipa Surabaya Lengkap, Klik GoCement!

Jangan ragu untuk mencari informasi lengkap seputar kebutuhan pipa dan bahan bangunan di GoCement. Didukung tim handal dan beragam pilihan produk, GoCement siap membantu Anda meraih proyek konstruksi yang sukses. Untuk informasi lebih lanjut atau pemesanan mendapatkan harga bahan bangunan kompetitif, hubungi GoCement disini!

 



Artikel lain yang dapat Anda baca
HUT ke-731 Kota Surabaya, Cek Rangkaian Acara dan Ucapannya - Artikel GoCement
HUT ke-731 Kota Surabaya, Cek Rangkaian Acara dan Ucapannya

Masyarakat yang tinggal di Ibu Kota Jawa Timur , pada tanggal 31 Mei 2024 ini akan merayakan HUT ke-731 Kota Surabaya. Serangkaian acara digelar untuk memeriahkan momen spesial Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) ke-731 ini. Pemerintah Kota Surabaya menyiapkan sederet acara menarik sebagai kado istimewa bagi warga Kota Pahlawan. Apa aja sih rangkaian acaranya ? Baca selengkapnya


Semen Putih, Estetik dan Tetap Kuat Untuk Bangunanmu - Artikel GoCement
Semen Putih, Estetik dan Tetap Kuat Untuk Bangunanmu

Semen putih berbeda dari warna semen abu-abu lainnya, semen ini mampu memberikan tampilan menarik pada proyek konstruksi Anda. Semen jenis ini memiliki karakteristik khusus, yakni warna putih bersih yang membedakannya dari semen abu-abu biasa. Warna putih ini diperoleh karena kandungan besi dan mangan yang sangat rendah dalam bahan bakunya, serta penggunaan bahan-bahan tambahan khusus selama Baca selengkapnya


Ucapan Idul Adha 2024 Untuk Dikirim ke Keluarga dan Kolega - Artikel GoCement
Ucapan Idul Adha 2024 Untuk Dikirim ke Keluarga dan Kolega

Ucapan Idul Adha 2024 Idul Adha, yang juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, merupakan salah satu hari besar dalam kalender Islam yang penuh dengan makna dan keagungan. Pada hari yang suci ini, umat Muslim di seluruh dunia memperingati ketaatan Nabi Ibrahim AS kepada Allah SWT melalui peristiwa kurban. Momen ini bukan hanya tentang pengorbanan hewan Baca selengkapnya