Cara Memperbaiki Tembok Rembes

Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

05 Februari 2024
Ananda Putri | 05 Februari 2024
Cara Memperbaiki Tembok Rembes
Cara Memperbaiki Tembok Rembes
Cara Merawat Rumah
Tips dan trik
Tips Merawat Rumah

Tembok rembes merupakan masalah yang sering kita jumpai di musim hujan seperti saat ini. Tembok yang retak serta cat dinding yang tidak tahan air adalah faktor yang dapat menimbulkan adanya masalah ini. Berikut ini cara memperbaiki tembok yang sudah lembab atau rembes yaitu:

Baca juga : Tips Merawat Kamar Kos

1. Perbaiki Sumber Rembesan

Anda perlu mencari tahu sumber rembesan terjadi dan pastikan sumber rembesan diperbaiki terlebih dahulu untuk mengantisipasi rembesan ulang terjadi. Beberapa sumber rembesan terjadi karena adanya pipa bocor, terjadi retakan rambut atau dinding yang lembab.

2. Pastikan Lapisan Dinding Bersih

Sembelum memulai perbaikan, bersihkan lapisan dinding dari tembok yang terkelupas atau kotoran dengan cara mengerik/mengikis bagian tembok yang terkelupas hingga bersih dan rata. Lakukan ini dengan cara mengerok dinding menggunakan kape untuk seluruh permukaan dinding yang menggelembung dan mengelupas. Selanjutnya ampelas lapisan dinding hingga halus dan merata. Terakhir, lap dinding untuk membersihkan dinding dari debu dan kotoran.

3. Pastikan Lapisan Tertutup Rapat

Jika tembok sudah bersih, lapisi tembok dengan acian yang kedap air dan dilanjut dilapisi waterproofing. Jika terdapat retakan rambut pada tembok, kalian bisa tambahkan campuran super cement pada dinding retak rambut sebelum tembok diberi acian.

4. Cat Ulang Tembok

Menggunakan cat anti bocor juga dapat mengatasi tembok yang rembes. Setelah dinding kering, lapisi tembok dengan cat anti bocor untuk meningkatkan kekuatan lapisan tembok dan mengantisipasi rembes susulan terjadi. Beberapa produk cat anti bocor dapat kalian temukan di GoCement – Produk Cat Anti Bocor yang dapat mempermudah anda dalam mencari produk untuk renovasi.

Baca Juga : Tips Memilih Tukang

Beberapa cara memperbaiki tembok rembes ini dapat kalian lakukan dengan menyesuaikan sumber atau penyebab rembesan itu terjadi, beberapa step juga perlu disesuaikan dengan kondisi tembok yang akan diperbaiki.



Artikel lain yang dapat Anda baca
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain? - Artikel GoCement
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain?

Kuat tidaknya sebuah bangunan sangat bergantung kepada pondasi di bawahnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pondasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap kualitas bangunan. Pondasi adalah struktur bangunan paling dasar yang memiliki fungsi untuk menyalurkan beban dari struktur di atasnya kepada lapisan tanah pendukung. Pembangunan pondasi sangat krusial dalam sebuah projek pembangunan rumah. Jika Baca selengkapnya


Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik ! - Artikel GoCement
Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik !

Plafon adalah bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah rumah. Dari plafon rumah unik hingga plafon rumah minimalis, banyak sekali desain plafon yang kamu bisa pilih untuk hunianmu. Secara umum, plafon lebih dikenal dengan istilah langit – langit. Dalam dunia kontraktor, plafon adalah permukaan interior atas yang terhubung langsung dengan bagian atas sebuah ruangan. Baca selengkapnya


Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini ! - Artikel GoCement
Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini !

Instalasi listrik adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah rumah. Jika kamu sedang merencanakan membangun rumah atau melihat – lihat rumah untuk dibeli, rangkaian instalasi listrik harus dipahami secara mendalam. Instalasi listrik rumah merupakan sebuah sistem listrik yang semuanya terhubung. Semua sumber listrik rumah dan bangunan di Indonesia dikelola oleh PLN. Meski begitu, PLN Baca selengkapnya