Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik !

Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

09 Maret 2023
Anggun Ross | 09 Maret 2023
Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik !

Plafon adalah bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah rumah.

Dari plafon rumah unik hingga plafon rumah minimalis, banyak sekali desain plafon yang kamu bisa pilih untuk hunianmu.

Secara umum, plafon lebih dikenal dengan istilah langit – langit. Dalam dunia kontraktor, plafon adalah permukaan interior atas yang terhubung langsung dengan bagian atas sebuah ruangan. Fungsi utama plafon adalah sebagai pembatas di antara ruang atap dengan ruang – ruang lain dalam sebuah hunian. Plafon juga berfungsi untuk menutupi instalasi kabel dan pipa yang terpasang dalam ruang atap rumah, ruangan menjadi terlihat bersih dan tidak tampak rangkanya. Selain itu, plafon sangat berperan sebagai penahan panas agar ruangan di bawahnya tetap sejuk. Plafon yang berhasil dipasang dengan baik dapat membantu memperlancar sirkulasi udara dan meredam suara.

Tidak hanya secara fungsional, plafon juga dapat mengubah tampilan dan menambahkan nilai keestetikan rumah. Tergantung bahan dan material yang digunakan, tampilan interior rumah akan tampil berbeda.

Jika kamu ingin mengubah tampilan rumah menjadi lebih minimalis, desain plafon sangat penting. Simak beberapa inspirasi jenis plafon rumah minimalis di bawah untuk mempercantik hunian! 

  • Plafon Gypsum

Plafon gypsum adalah salah satu tipe plafon yang paling populer digunakan. Banyak rumah dengan gaya minimalis menggunakan plafon berbahan gypsum untuk interiornya. Cara pemasangan plafon gypsum tidak sulit dan tersedia dalam berbagai macam motif yang sesuai dengan kebutuhan dan seleramu. Plafon dengan model gypsum dapat ditutup dengan sempurna. Sambungan plafon gypsum mudah untuk ditutup, sehingga hasil pekerjaan akan lebih sempurna. Rentang harga plafon gypsum adalah Rp 50.000 hingga Rp 60.000 per lembar.

  •  Plafon Triplek Kayu

Plafon triplek kayu sangat digemari karena proses instalasinya yang tergolong mudah. Material plafon triplek kayu juga mudah untuk ditemukan di pasaran, sehingga harga cukup terjangkau. Plafon ini cocok buat kalian yang ingin menghemat anggaran dalam renovasi atau pembangunan rumah. Desain plafon ini dapat memberikan kesan yang hangat dan rapi dalam sebuah ruangan. Selain itu, plafon triplek kayu dapat membuat hunian terkesan lebih natural sehingga penghuni rumah menjadi lebih betah. Rentang harga plafon triplek kayu adalah Rp 160.000 hingga Rp 300.000 per meter persegi.

  • Plafon Eternit

Plafon eternit memiliki sifat tahan api dan tidak mudah rusak ketika terkena rembesan air. Namun, ukuran plafon yang satu ini tergolong kecil, yaitu sekitar 100 x 50 cm. Pemasangan plafon eternit tergolong susah karena sifatnya yang rapuh dan mudah retak. Rentang harga plafon eternit adalah Rp 40.000 hingga. Rp 90.000 per lembar. Pastikan lagi ukuran lembaran eternit sebelum melakukan pemasangan.

  •  Plafon Metal

Buat kalian yang ingin memberikan sentuhan artistik pada interior rumah, jenis plafon metal adalah pilihan tepat. Plafon metal tahan terhadap air, api, rayap, dan benturan keras. Selain itu, plafon metal cenderung lebih awet ketika dibandingkan dengan plafon lainnya. Plafon ini disusun dari lempengan – lempengan metal tipis yang diukir dengan motif yang disesuaikan dengan selera. Cat minyak akan digunakan untuk melakukan finishing plafon. Rentang harga plafon metal adalah Rp 90.000 per lembar.

  •  Plafon Akustik

Jika kamu menginginkan ketenangan dan privasi, plafon akustik adalah jawabannya. Ide plafon rumah minimalis ini terbuat dari bahan dasar serat mineral rockwool. Material inilah yang membuat plafon menjadi kedap suara. Plafon akustik sering dipasang pada ruangan yang membutuhkan ketenangan seperti auditorium, ruang musik, ruang rapat, balai pertemuan, bioskop, dan lainnya. Proses pemasangan plafon akustik tidak membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, bobot materialnya ringan. Rentang harga plafon akustik adalah Rp. 220.000 per meter persegi.

  •  Plafon GRC

GRC adalah singkatan dari glassfiber reinforced cement board. Material ini terbuat dari campuran semen dan serpihan kaca. Kandungan glassfiber dalam plafon GRC membuat plafon bersifat lebih luwes. Jika dibandingkan secara material, plafon GRC memiliki karakteristik yang mirip dengan plafon eternit. Plafon GRC tahan terhadap api dan air. Saat ini, banyak rumah yang memanfaatkan GRC untuk menimbulkan kesan plafon rumah minimalis. Namun, proses instalasi plafon GRC termasuk rumit dan mudah retak jika terkena benturan. Atmosfir rumah akan terlihat lebih mewah jika menggunakan plafon GRC. Rentang harga plafon GRC adalah Rp 60.000 hingga Rp 140.000.

 Bagaimana? Apakah kamu sudah mendapatkan inspirasi plafon rumah minimalis? Itulah beberapa jenis plafon rumah minimalis. Tentunya, setiap jenis plafon memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Pastikan jenis plafon yang dipilih sudah sesuai dengan anggaran, desain hunian, dan seleramu.

Jangan lupa untuk menyesuaikan jenis plafon dengan warna cat rumah kamu. Ingat, segala kebutuhan bahan bangunan bisa kamu beli di aplikasi GoCement!



Artikel lain yang dapat Anda baca
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain? - Artikel GoCement
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain?

Kuat tidaknya sebuah bangunan sangat bergantung kepada pondasi di bawahnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pondasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap kualitas bangunan. Pondasi adalah struktur bangunan paling dasar yang memiliki fungsi untuk menyalurkan beban dari struktur di atasnya kepada lapisan tanah pendukung. Pembangunan pondasi sangat krusial dalam sebuah projek pembangunan rumah. Jika Baca selengkapnya


Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini ! - Artikel GoCement
Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini !

Instalasi listrik adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah rumah. Jika kamu sedang merencanakan membangun rumah atau melihat – lihat rumah untuk dibeli, rangkaian instalasi listrik harus dipahami secara mendalam. Instalasi listrik rumah merupakan sebuah sistem listrik yang semuanya terhubung. Semua sumber listrik rumah dan bangunan di Indonesia dikelola oleh PLN. Meski begitu, PLN Baca selengkapnya


Pilih Pasir Sama Kayak Pilih Jodoh, Jangan Sampai Salah Ya ! - Artikel GoCement
Pilih Pasir Sama Kayak Pilih Jodoh, Jangan Sampai Salah Ya !

Pasir bangunan telah lama digunakan untuk berbagai keperluan konstruksi, seperti pembuatan beton, mortar, plester, dan masih banyak lagi. Kali ini kita akan bahas tentang beberapa jenis pasir bangunan yang berbeda untuk bantu kamu memilih pasir bangunan yang tepat untuk proyekmu. Apa sih Pasir Bangunan itu ? Pasir bangunan adalah salah satu bahan utama yang digunakan Baca selengkapnya