Rekomendasi Warna Nat Keramik Kamar Mandi, Apa Saja?

Pertimbangkan Kontraktor Rumah Minimalis untuk Hunian Anda

18 Agustus 2023
Anggun | 18 Agustus 2023
Rekomendasi Warna Nat Keramik Kamar Mandi, Apa Saja?
Nat Keramik Kamar Mandi
warna nat keramik

Warna nat keramik kamar mandi yang menawan. Sumber foto Unsplash

 

Nat keramik atau yang juga dikenal sebagai grout dalam bahasa Inggris, merupakan campuran atau bahan yang digunakan untuk mengisi celah di antara ubin keramik pada dinding dan lantai kamar mandi. Fungsi nat keramik kamar mandi adalah untuk mengisi ruang antara ubin, melindungi tepi ubin dari kelembaban dan memberikan tampilan yang lebih rapi dan bersih.

 

Ada dua jenis utama nat keramik, yaitu nat berbasis semen dan nat berbasis epoksi. Nat berbasis semen lebih umum digunakan dan lebih mudah diaplikasikan. Sementara, jenis selanjutnya adalah nat berbasis epoksi yang lebih tahan terhadap noda, kelembaban, dan bahkan produk pembersih kimia, tetapi biasanya lebih sulit diaplikasikan dan lebih mahal. 

 

Baca Juga : Berapa Lama Nat Keramik Kamar Mandi Kering? Terjawab Disini

 

Seiring perkembangannya, beberapa varian nat keramik saat ini memiliki sifat tahan noda, tahan air, atau bahkan perlindungan antibakteri, menjadikannya pilihan yang lebih tahan lama dan mudah dirawat.

Fungsi Nat Keramik Kamar Mandi 

Sebelum mengulas rekomendasi warna cantik yang dapat Anda pilih untuk memperindah estetika kamar mandi, mari kita bahas fungsi dari nat keramik kamar mandi. Apa saja ya? 

Pengisi Celah


Fungsi utama nat keramik adalah mengisi celah antara ubin keramik di dinding dan lantai kamar mandi. Ini membantu menciptakan tampilan yang rapi dan selesai serta mencegah kotoran, kelembaban, dan partikel lain masuk ke dalam celah antara ubin.

Perlindungan dari Kelembaban


Selain membantu mencegah kelembaban ke bawah ubin, nat keramik kamar mandi juga mampu mencegah adanya masalah kerusakan yang dapat terjadi akibat pembengkakan kayu atau korosi material lain yang digunakan di bawah ubin.

 

Lihat Juga : Cara Bersihkan Nat Keramik Kamar Mandi Agar Kinclong, Berbekal Baking Soda

 

Mencegah Pertumbuhan Jamur dan Kuman


Kelembaban yang tertinggal di celah ubin dapat menyebabkan pertumbuhan jamur, kuman, dan bakteri. Nat membantu mengisi ruang ini, mengurangi potensi tempat perkembangbiakan mikroorganisme yang tidak diinginkan.

Keamanan dan Kestabilan


Nat keramik kamar mandi yang baik membantu mengamankan ubin di tempatnya, mencegah ubin-ubin dari pergeseran atau retak karena aktivitas sehari-hari seperti berjalan, menginjak, atau menggeser barang.

Mengurangi Debu dan Kotoran


Fungsi selanjutnya adalah membantu menjaga celah antara ubin agar tidak menjadi tempat penumpukan debu dan kotoran. Ini membuat pembersihan kamar mandi lebih mudah dan menjaga lingkungan yang lebih bersih.

Meningkatkan Estetika


Dengan banyak pilihan warna dan jenis nat, Anda dapat memilih yang sesuai dengan desain dan gaya kamar mandi Anda. Nat yang cocok dengan ubin atau memberikan kontras visual dapat meningkatkan tampilan keseluruhan kamar mandi.

4 Warna Nat Kamar Mandi yang Populer

Hadir dalam berbagai warna, memungkinkan Anda untuk memilih yang cocok dengan ubin dan gaya kamar mandi Anda. Anda dapat memilih nat yang berwarna senada dengan ubin untuk tampilan seragam, atau memilih warna kontras untuk efek visual yang menarik. Simak artikel yang dirangkum oleh GoCement berikut ini! 

Nat Keramik Kamar Mandi Warna Putih

nat keramik kamar mandi warna putih

Sumber foto Unsplash

 

Warna putih tetap menjadi pilihan utama yang tidak pernah meredup seiring waktu. Keunggulan warna ini terletak pada netralitasnya, sehingga mampu harmonis dengan berbagai macam warna keramik. Sebagai warna primadona, nat keramik putih memiliki daya tarik yang abadi dan selalu menjadi favorit dalam berbagai gaya dekorasi. Kecemerlangan warna ini terpancar dalam kesan bersih, elegan, dan serbaguna yang dihadirkannya dalam setiap sudut ruangan. Dalam dunia desain interior, nat keramik putih tetap memegang peranan sentral sebagai elemen penyempurna yang tak tertandingi.

Warna Coklat Muda

nat keramik kamar mandi coklat muda

Sumber foto Pinterest

 

Warna coklat muda merupakan salah satu warna yang dikenal sebagai netral dan universal. Tren saat ini menunjukkan bahwa banyak individu yang memilih keramik dengan nuansa coklat muda yang menyerupai tekstur lantai kayu. Hal ini telah menghasilkan peningkatan permintaan nat keramik berwarna coklat muda. Kecenderungan ini membuktikan popularitas nat keramik dalam warna coklat muda yang mampu memberikan sentuhan hangat, alami, dan elegan pada berbagai ruang. Dengan adanya warna yang bersifat netral, nat keramik coklat muda mampu menyesuaikan diri dengan berbagai gaya dekorasi dan menciptakan tampilan yang timeless.

Tone Warna Pastel nan Cerah

nat keramik kamar mandi pastel

Sumber foto Adobe Stock

 

Jika Anda penggemar warna cerah namun ingin suasana di kamar mandi tidak terlalu mencolok, maka memilih nat warna pastel sudah tepat. Warna pastel memiliki karakteristik yang lembut dan tenang, dan sering kali diidentifikasi dengan warna-warna yang lembut. Pemilihan warna pastel untuk nat kamar mandi dapat memberikan penekanan pada pola lantai dan dinding, sambil menciptakan kesan yang unik dalam ruangan. Beberapa pilihan warna pastel yang cocok untuk kamar mandi meliputi peach, lavender, merah muda, biru muda, dan berbagai warna pastel lainnya. Mengaplikasikan warna-warna ini dapat memberikan sentuhan kelembutan dan ketenangan yang membawa suasana yang menyenangkan dan segar dalam tampilan keseluruhan ruangan.

Abu-abu, Pilihan Warna yang Elegan

nat keramik kamar mandi abu-abu

Sumber foto Unsplash

 

Warna abu-abu sering digunakan bersama dengan ubin berwarna putih untuk menonjolkan pola pada lantai atau dinding kamar mandi. Penggunaan warna abu-abu pada nat mampu menciptakan estetika monokrom yang menarik. Kombinasi ini menghasilkan harmoni yang elegan dan memberikan kedalaman visual yang menonjol dalam ruangan. Tampilan nat dengan warna abu-abu mampu memberikan nuansa modern dan bersahaja, sementara sentuhan ubin putih melengkapi dengan kesan bersih dan terang. Dengan cara ini, warna abu-abu pada nat keramik menjadi pilihan yang cerdas untuk menciptakan perpaduan yang seimbang dan tampilan yang terkesan berkelas dalam kamar mandi Anda.

Daftar Nat Keramik Kamar Mandi yang Cocok Jadi Pilihan

Brand Nat Kamar Mandi

Daftar Harga Nat Kamar Mandi

Lemkra® FK 101 Rp. 34.000
Drymix Tile Grout Rp. 13.223
AM 53 Tile Grout Rp. 12.240
Sika Tile Grout Rp. 12.300
Lemkra Fs Nat Rp. 13.700

Temukan Beragam Pilihan Nat Keramik di GoCement!

Jangan ragu untuk mencari informasi lengkap seputar kebutuhan bangunan di GoCement. Didukung tim handal dan beragam pilihan produk, GoCement siap membantu Anda meraih proyek konstruksi yang sukses. Untuk informasi lebih lanjut atau pemesanan mendapatkan harga semen kompetitif, kunjungi marketplace kami di GoCement.com (Whatsapp: https://wa.link/9yv47m).



Artikel lain yang dapat Anda baca
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain? - Artikel GoCement
Tiang Pancang Beton, Apa Sih Bedanya Dengan Pondasi Lain?

Kuat tidaknya sebuah bangunan sangat bergantung kepada pondasi di bawahnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pondasi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap kualitas bangunan. Pondasi adalah struktur bangunan paling dasar yang memiliki fungsi untuk menyalurkan beban dari struktur di atasnya kepada lapisan tanah pendukung. Pembangunan pondasi sangat krusial dalam sebuah projek pembangunan rumah. Jika Baca selengkapnya


Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik ! - Artikel GoCement
Inspirasi Jenis Plafon Minimalis untuk Rumahmu, Nomor 4 Paling Unik !

Plafon adalah bagian penting yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah rumah. Dari plafon rumah unik hingga plafon rumah minimalis, banyak sekali desain plafon yang kamu bisa pilih untuk hunianmu. Secara umum, plafon lebih dikenal dengan istilah langit – langit. Dalam dunia kontraktor, plafon adalah permukaan interior atas yang terhubung langsung dengan bagian atas sebuah ruangan. Baca selengkapnya


Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini ! - Artikel GoCement
Jangan sampai salah pasang instalasi listrik rumah. Cek dulu di artikel ini !

Instalasi listrik adalah hal yang tidak bisa dilepaskan dari sebuah rumah. Jika kamu sedang merencanakan membangun rumah atau melihat – lihat rumah untuk dibeli, rangkaian instalasi listrik harus dipahami secara mendalam. Instalasi listrik rumah merupakan sebuah sistem listrik yang semuanya terhubung. Semua sumber listrik rumah dan bangunan di Indonesia dikelola oleh PLN. Meski begitu, PLN Baca selengkapnya